Peringati Hari Pohon Sedunia, Bupati Alfedri Tanam Pohon Matoa 

Peringati Hari Pohon Sedunia, Bupati Alfedri Tanam Pohon Matoa 

Riauaktual.com - Peringatan World Tree Day (pohon se-dunia) tahun 2021 di Kabupaten Siak disertai menanam pohon Matoa oleh bupati Siak, Alfedri.

"Menanam pohon Matoa ini, kami lakukan dalam rangka peringati hari pohon sedunia. Sesama manusia, ada baiknya kita turut mengingatkan untuk menjaga lingkungan, dengan menanam pohon. Sebab, pohon adalah sumber oksigen untuk dihirup manusia. Tanpa pohon, manusia tak akan bisa hidup," kata Alfedri, Rabu (24/11/2021).

Menurut Alfedri, manfaat pohon bagi makhluk hidup, termasuk tumbuhan hijau yang dapat menghasilkan oksigen.

Oksigen adalah gas yang dibutuhkan makhluk hidup seperti manusia dan hewan untuk bernapas.

"Selain menghasilkan oksigen, tumbuhan juga dapat menyerap karbon dioksida, yaitu kandungan gas yang beracun. Selain itu, juga mengendalikan suhu, mengurangi polusi udara, mencegah perubahan iklim dan bahan obat-obat gerak," tuturnya.

"Sebagian pohon dan tumbuhan memiliki manfaat untuk kesehatan, misalnya daun-daun pohon tertentu yang dapat dijadikan obat gatal. Bagian pohon yang lain juga dapat dijadikan bahan obat misalnya getah pohon dan bunganya. Selain menjadi penyejuk lingkungan, pohon-pohon tertentu memberikan manfaat sebagai bahan obat herbal,"tambahnya.

Ia juga menjelaskan, Pemkab Siak mendukung dalam menyelamatkan hutan dan alam melalui program Siak Hijau. 

"Peringatan hari pohon se dunia ini, nyambung dengan komitmen Siak Hijau. Langkah kita dalam menyelamatkan lingkungan tidak hanya pemerintah, pemerhati lingkungan namun kita ingin di dukung seluruh stakeholder yang ada di Siak," pintanya. 

Ia mengucapkan terimkasih kepada NGO Lingkungan yang mendukung pemerintah daerah dalam pengkampanyekan penyelamatan lingkungan.

"Banyak kegiatan yang di taja rekan-rekan NGO, mulai dari diskusi Forest Art : Zamrud Siak Hijau yang di tayangkan di youtube, pementasan bertema lingkungan dan tanam pohon. Yang acaranya kita dukung di laksanakan di Tangksi Belanda," terangnya. (Infotorial)

Berita Lainnya

index