Kenapa keseringan duduk bisa bikin pantat melebar?

Kenapa keseringan duduk bisa bikin pantat melebar?
Ilustrasi duduk. ©shutterstock.com/William Perugini

Riauaktual.com - Pernahkah kamu menghitung, berapa jam dalam sehari kamu duduk? Jawabannya bisa bervariasi. Ada yang kurang dari 3 jam, ada pula yang lebih dari 8 jam.

Bagi kamu yang sering duduk terkadang kamu sama sekali tak menyadari bahwa kebiasaan sederhana ini nyatanya bisa bikin pantat membesar dan melebar. Peneliti pun mendukung bahwa tekanan pada area tubuh yang digunakan untuk duduk akan menghasilkan lemak hingga 50% lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Peneliti menemukan bahwa sel preadipocyte (prekursor pada sel lemak) berubah menjadi sel lemak dan menghasilkan lebih banyak lemak bila mengalami periode beban mekanis berulang, seperti yang terjadi saat kamu sedang duduk.

"Sel sendiri juga akan responsif terhadap lingkungan mekanismenya. Sel lemak akan menghasilkan lebih banyak trigliserida bila terkena peregangan statis," tambah Amit Gefen, peneliti dari Tel Aviv University.

"Mempelajari gambar MRI dari jaringan otot pasien yang lumpuh karena cedera tulang juga menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, sel-sel lemak di pantat yang berkembang juga bisa menyerang otot utama di tubuh."

Lalu, bagaimana agar kamu terhindar dari bahaya ini? Tentu saja selalu pilih untuk konsumsi makanan sehat dan lakukan olahraga ringan demi membakar lemak berbahaya.

Berita Lainnya

index