Mahasiswa Unri Ciptakan Skincare Gel, Masker Wajah Alami dari buah sentul

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:58:45 WIB

Riauaktual.com – Berawal dari melihat banyaknya pohon Sentul di lingkungan kampus Universitas Riau (UNRI) Bina Widya Panam yang tidak termanfaatkan, Nurul Izazah bersama rekannya Saskia Eka Putri, Melyana Dwi Safitri, Pamaya Septia Deila Monica, Vinndi Azriel Akbar yang merupakan mahasiswa biologi, kimia, manajemen dan kedokteran Unri berkeinginan memanfaatkan buah sentul tersebut untuk dijadikan Skincare berupa gel masker wajah agar buah sentul lebih termanfaatkan dan tidak menjadi limbah yang berserakan.

Keinginan Nurul Izazah dan rekannya itupun akhirnya terwujud. bersama Dr. Mayta Novaliza Isda. M.Si yang merupakan dosen Jurusan Biologi FMIPA Unri ini, mereka berhasil mengolah buah sentul menjadi gel masker wajah kaya antioksidan.

“Melihat potensi dan banyaknya pohon sentul di Unri yang belum termanfaanfaatkan ini, akhirnya saya bersama empat orang teman berfikir untuk memafaatkan buah sentul sebagai bahan pengembangan tersebut,” Kata Nurul yang merupakan ketua tim pelaksana pemanfaatan buah sentul, Senin (25/10/2021), kepada media, mengawali pembicaraan.

Melalui bimbingan Ibu Dr. Mayta Novaliza Isda. M.Si, merekapun mengumpulkan referensi dan literature ilmiah terkait manfaat buah sentul tersebut.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, masker wajah alami dari buah sentul yang dinamakan “SENCARE” ini menunjukkan bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan untuk semua kalangan baik wanita, pria, ibu hamil, dan ibu menyusui, sebagai masker wajah alami kaya antioksidan yang dapat digunakan setiap hari untuk mencerahkan wajah, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, memperbaiki skin barrier dan menangkal radikal bebas. 

SENCARE sebagai masker wajah alami memiliki tekktur berbentu gel yang kenyalcdan padat, memiliki warna orange kecoklatan, dan memiliki bau yang khas menyerupai aroma kaya vitamin C, dan memiliki pH 5.3 sesuai dengan pH kulit manusia sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit.

“Cocok untuk semua kulit, lembut dan lembab di wajah, kemasannya juga trendy," jelas Nurul Izazah mahasiswa jurusan biologi FMIPA ini 

Buah sentul atau kecapi memiliki nama latin Sandoricum koetjape. Buah berbentuk bulat, berwarna kuning dan memiliki kulit daging buah yang tebal berwarna putih ini mirip seperti buah menggis yang memiliki rasa asam manis.
 

Terkini

Terpopuler