Unilak Selenggarakan PKKMB 2024, Awal Perjalanan Menuju Keunggulan

Kamis, 10 Oktober 2024 | 10:07:20 WIB
Universitas Lancang Kuning (Unilak) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama dua hari, Rabu hingga Kamis, 9 – 10 Oktober 2024.

PEKANBARU (RA) – Universitas Lancang Kuning (Unilak) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama dua hari, Rabu hingga Kamis, 9 – 10 Oktober 2024. Dengan tema A Great Journey to Excellence, acara ini diharapkan menjadi pijakan awal bagi mahasiswa baru dalam perjalanan menuju kesuksesan akademis dan profesional bersama Unilak.

Rektor Unilak, Prof. Dr. Junaidi, S.S., M.Hum., Ph.D., menyambut para mahasiswa baru dengan hangat dan menekankan pentingnya peran PKKMB sebagai fondasi awal bagi keberhasilan di masa depan.

"Ini adalah langkah besar menuju keunggulan. Melalui PKKMB, mahasiswa akan mengenal kehidupan kampus yang mengedepankan kualitas untuk masa depan yang cerah. Tema kita hari ini adalah A Great Journey to Excellence," ucapnya.

Prof. Junaidi menjelaskan bahwa Unilak membawa semangat baru dengan tagline Kampus Hijau, Kampus Beragam Budaya, dan Kampus Bersahabat. Kampus Hijau diimplementasikan dengan kehadiran danau, hutan, serta area ekoriparian yang memberikan suasana segar di lingkungan kampus. Ia juga menegaskan komitmen Unilak dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan botol plastik.

"Kami meminta mahasiswa untuk membawa botol minuman pribadi, sebagai upaya mendukung lingkungan yang lebih hijau," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa Unilak adalah kampus yang merangkul keragaman budaya.

"Keberagaman suku, bangsa, etnis, dan agama adalah kekuatan kita untuk bersatu dan bersama-sama mencapai impian," kata Prof. Junaidi.

Kampus Bersahabat, menurutnya, menggambarkan pendekatan Unilak yang mengedepankan pelayanan inklusif, termasuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi penyandang disabilitas.

"Keharmonisan akan tercipta di kampus ini dengan semangat keramahan yang ditanamkan kepada semua civitas akademika," imbuhnya.

Kegiatan PKKMB 2024 ini didukung oleh PT Arara Abadi. Direktur PT Arara Abadi APP Group, Edi Haris MZ, mengungkapkan kebanggaannya dapat mendukung mahasiswa Unilak melalui program magang dan praktek kerja lapangan (PKL). 

"Kami siap menjalin kerja sama dengan berbagai fakultas, terutama terkait Hutan Tanaman Industri (HTI)," ujarnya.

Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Dr. Arden Simeru, mewakili Penjabat Gubernur Riau, mengapresiasi PKKMB sebagai momentum penting untuk mempersiapkan mahasiswa baru.

"Ini adalah langkah awal yang penting untuk keberhasilan akademis mereka di perguruan tinggi," katanya.

Ia juga berharap Unilak terus mendorong iklim belajar yang kreatif dan inovatif untuk melahirkan generasi muda yang kompeten dan berdaya saing global.

Selain itu, PKKMB ini juga menghadirkan sosialisasi mengenai kebangsaan, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), serta kampanye anti-perundungan dan anti-kekerasan seksual. Kegiatan ini melibatkan Korem, Polda, PT Telkomsel, Bank BRI, BNN, dan KPU, yang masing-masing memberikan materi terkait digitalisasi kampus, literasi keuangan, edukasi anti-narkoba, serta partisipasi dalam pemilu.

Di hari kedua, mahasiswa baru diperkenalkan dengan organisasi kemahasiswaan seperti BEM, DPM, UKK, dan UKM, serta mendapatkan informasi mengenai fakultas, sistem informasi akademik, dan organisasi mahasiswa di masing-masing fakultas.

Tags

Terkini

Terpopuler