Cerita UKM RI Pasarkan Produk Hingga ke Mancanegara

Cerita UKM RI Pasarkan Produk Hingga ke Mancanegara
Batik Banyumas motif kemerdekaan.
EKONOMI (RA) - Indonesia dikenal dengan masyarakatnya yang penuh ide-ide kreatif. Mulai dari konvensional hinga ide-ide digital yang mampu tembus ke pasar luar negeri. Tak jarang pula, ide bisnis anak bangsa menjadi primadona di luar negeri.
 
Salah satunya, kerajinan batik. Batik Indonesia sudah melanglang buana ke seluruh negara di dunia. Padahal, batik dulu hanya kain khas yang terkenal di masyarakat Suku Jawa.
 
Tak hanya batik, kini banyak produk-produk UKM yang mampu bersaing di tengah serbuan produk asing di Indonesia. Apalagi, Indonesia sudah masuk ke era pasar besar ASEAN. Di mana, produk-produk asing bertebaran di seluruh pelosok negeri.
 
Pemerintah pun tak tinggal diam. Pameran ide kreatif dan UKM terus digalakan. Bahkan, banyak perusahaan-perusahaan yang mengembangkan masyarakat dengan membentuk unit usaha lokal.
 
Kendati demikian, pengembangan UKM Tanah Air masih dirundung berbagai masalah. Salah satunya, permodalan. Ini yang menjadi kendala dalam pengembangan UKM Indonesia saat ini. Tentu saja berimbas dengan tak adanya pemasaran produknya hingga ke mancanegara. (merdeka.com)

Berita Lainnya

index