Harga Minyak Dunia Naik Didorong Pelemahan Nilai Tukar USD

Harga Minyak Dunia Naik Didorong Pelemahan Nilai Tukar USD
Ilustrasi Migas.
EKONOMI (RA) - Harga minyak dunia bergerak naik pada Senin (Selasa pagi WIB). Kenaikan harga didorong oleh melemahnya nilai tukar USD terhadap mata uang dunia lainnya. Melemahnya nilai tukar USD membuat minyak dalam denominasi dolar lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya.
 
Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober naik 41 sen menjadi menetap di USD 46,29 per barel di New York Mercantile Exchange.
 
Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman November naik 31 sen menjadi ditutup pada USD 48,32 per barel di London ICE Futures Exchange, seperti ditulis Antara, Selasa (13/9).
 
Kurs dolar AS jatuh pada Senin karena pernyataan-pernyataan "dovish" oleh seorang pejabat penting Federal Reserve mengurangi ekspektasi untuk kenaikan suku bunga pada bulan ini.
 
Gubernur Fed Lael Brainard, anggota voting komite kebijakan bank sentral AS mengatakan dalam sebuah pidato di Chicago bahwa sementara kemajuan ekonomi berlanjut akan bijaksana bagi Fed untuk mempertahankan kebijakan moneter yang longgar.
 
Indeks dolar, yang melacak USD terhadap enam mata uang utama, turun 0,28 persen menjadi 95,067 pada akhir perdagangan.
 
Sementara itu, rebound yang kuat di pasar saham juga memberikan beberapa dukungan terhadap pasar minyak.
 
Saham-saham AS melonjak pada Senin setelah penurunan tajam hari-hari sebelumnya, dengan ketiga indeks utama melompat di atas satu persen dalam perdagangan sore hari, didorong oleh komentar "dovish" Brainard. (merdeka.com)

Berita Lainnya

index