Aparat Diminta Proaktif Laporkan ke Puskesmas

Diskes akan Lakukan Fogging

Diskes akan Lakukan Fogging
ilustrasi

RENGAT (RA) – Kepala Dinas Kesehatan (diskes) Pemerintah Kabupaten Inhu, H Suhardi memintah kepada aparat setempat yakni RT, RW dan kepala desa dan Lurah serta Camat agar proaktif tanggap melihat kondisi wilayahnya khususnya wilayah yang kena banjir supaya melaporkan ke Puskesmas setempat untuk melakukan Fogging.

Hal ini disampaikan kepada wartawan ketika dikonfirmasi, Minggu (27/11) di Air Molek I Kecamatan Pasir Penyu. Ditegaskannya, sampai saat ini belum ada dari Puskesmas yang ada di Inhu melaporkan ke pihak dinas kesehatan Kabupaten Inhu  terkait keresahan masyarakat akibat banyaknya nyamuk kepala putih.

Menurutnya, jika pun terjadi jenis nyamuk kepala putih yang mengakibatkan ketidak nyamanan masyarakat, jenis nyamuk kepala putih tidak menimbulkan penyakit DBD, tapi nyamuk kepala putih mengkwatirkan terhadap ternak masyarakat saja, sebab jenis nyamuk kepala putih bisa mematikan terhadap ternak.

"Untuk itu diharapkan kepada masyarakat khususnya kepada aparat mulai dari RT hingga pemerintah Kecamatan agar saling koordinasi, jika ada daerahnya banyak jentik-jentik nyamuk supaya di laporkan ke Puskesmas untuk dilakukan fogging," harapnya.

Disamping itu, diminta kepada masyarakat agar aktif melakukan 4 M yakni Menguras, menutup, Mengubur dan memantau. Langkah ini merupakan langkah pencegahan paling umum disarankan kepada masyarakat mulai dari menguras di tempat penyimpanan air, penutup tempat penampungan air, mengubur semua tempat atau sampah yang bisa menampung air dan tidak terpakai kemudian memantau selalui setiap penampungan air yang memiliki sehingga begitu melihat jentik-jentik segerah menguras. (Ob)

Berita Lainnya

index