Program Sabtu Bersih, Brimobda Riau Gontong Royong di Perumahan Athaya Satu

Program Sabtu Bersih, Brimobda Riau Gontong Royong di Perumahan Athaya Satu
Program Sabtu Bersih, Brimobda Riau Gontong Royong di Perumahan Athaya Satu. Foto: RA1

RIAU (RA) - Menyukseskan Program Pemerintah Indonesia Bersih, dengan istilah Sabtu Bersih, Satuan Brigadir Mobil (Brimob) Polisi Daerah (Polda) Riau, melaksanakan pembersihan lingkungan di Perum Athaya 1 Jalan Kayu Jabon, RT 02 RW 08, Kelurahan Simpang Baru Panam, Sabtu (12/1/2013) kemarin.

Kegiatan pembersihan lingkungan bersama ini, dipandang sangat efektif karena antara aparat dengan masyarakat dapat berbaur dalam menjaga kebersihan lingkungan baik itu di perumahan, di pasar, tempat ibadah, sarana fasilitas umum dan tempat-tempat pemukiman masyarakat lainnya.

"Intinya kita berbaur dengan masyarakat, dengan cara melakukan kegitan membersihkan lingkungan. Dengan kegitan ini tentu diharapkan terjalin hubungan secara emosional antara sesama anggota dan lebih kepada masyarakat dalam membantu pelaksanaan kebersihan (K3)," ujar Waka Subdent Satu, Detasemen A, Pelopor, Ibda Cecep Sujafar SH, didampinggi Ibda Sony JR, Kanit Satu, Brimobda Riau, disela kegitan Sabtu Bersih.

Dikatakan Cecep, kegitan ini telah dilakukan semenjak dua tahun belakangan ini, dimana khusus pada hari Sabtu, sekitar satu pleton satuan anggota yang berjumlah sekitar 75 orang, dikerahkan untuk melakukan kegitan seperti gotong royong bersama dengan masyarakat di lingkungan perumahan dan di tempat-tempat ibadah, fasilitas umum dan sarana lainya.

Kegitan yang digelar rutin setiap hari Sabtu, yang telah dilakukan semenjak tahun 2007 ini, khsusus di Sat Brimobda, dilakukan semacam prosedur. Dimana satuan bagian Intel sebelum terjun melakukan survey terlebih dahulu ke lingkungan pemukiman warga yang akan didatanggi. Setelah dilakukan koordinasi dengan aparat setempat di lingkungan itu seperti, RT atau RW yang ada di lingkungan di masyarakat berada, maka sesuai jadwal yang telah ditentukan itu maka satuan di unit langsung turun.

"Kita lengkap membawa peralatan, seperti untuk kegitan pembersihan dari pada lingkungan yang telah disurvey tadi kita bawa parang, cangkul, sabit, dan alat-alat kerja lainnya. Intinya siapa saja baik dari instansi pemerintah, masyarakat yang memerlukan kita, kita langsung turun membantu masyarakat dalam hal kebersihan. Bahkan jika masyarakat membutuhkan layanan lain seperti bidang kesehatan dan pencegahan penyakit, kita juga siap membantu tanpa pamrih. Katakanlah seperti fooging, layanan angkutan untuk masyarakat yang sakit. Masyarakat dapat mengajukan permohonan dan kita langsung lakukan sesuai permintaan masyarakat itu," terang Cecep.

Dalam kegiatan siang itu, hampir semua anggota yang berjumlah puluhan itu berbaur dengan masyarakat di perumahan tersebut. Terlihat para anggota yang berseragam serba hitam dengan pakaian berlogo Brimobda Riau itu dengan bersemangat bersama-sama dengan masyarkat melakukan pemberisihan lingkungan.

"Kita tentu sangat beruntung dengan bantuan dari aparat ini karena dengan turunnya Brimobda ini, lingkungan yang awalnya sulit untuk dilakukan pembersiahn dengan warga kini telah terlihat rapi dengan bantuan para anggota Brimobda Polda," ujar Suyono, Ketua Lingkungan di perumahan yang berdekatan dengan wilayah Main Stadion UR tersebut.

Sumber: RA1
Editor: Riki

Berita Lainnya

index