Sekolah Jangan Sembarang bikin Seragam Batik, Harus Motif Melayu Riau

Sekolah Jangan Sembarang bikin Seragam Batik, Harus Motif Melayu Riau
Kadisdik Kota Pekanbaru Zulfadil. FOTO: Riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Selama ini di Kota Pekanbaru, sekolah dinilai asal-asalan saja membuat seragam batik sesuai selera sekolah, namun, tahun ajaran ini, hal itu tak boleh lagi terjadi, karena Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru telah menghimbau sekolah untuk membuat baju batik motif Riau khususnya bagi siswa baru.

"Kita meminta agar pihak sekolah dari SD, SMP, SMA dan SMK untuk dapat membuat baju seragam batik Riau," kata Kadisdik kota Pekanbaru Prof Dr Zulfadil SE MBA, saat ditemui RiauAktual.com di ruang kerjanya, Rabu (24/7/2013).

Menurut Zulfadil, di setiap sekolah biasanya memang ada membuat baju batik, tetapi batiknya tidak seragam karena tiap sekolah mempunyai motif yang berbeda-beda, sesuai ciri khas sekolah itu.

"Untuk itu Disdik mengusulkan ke Walikota agar sekolah membuatkan batik bermotif batik Riau, dengan begitu akan terjadi keseragaman di masing-masing tingkatan, baik SD, SMP, SMA maupun SMK," terangnya.

Untuk kebijakan ini, kata Zulfadil, Dinas Pendidikan hanya memfasilitasi saja, sedangkan pengelolaannya diserahkan kepada pihak sekolah melalu MKKS dan K3SM.

"Untuk usulan Disdik ini sudah mendapat persetujuan dari Walikota Pekanbaru, akan tetapi hal tersebut tidaklah wajib. Bagi sekolah yang belum bisa tahun ini bisa saja tahun depan, selain itu para siswa juga wajib membuat pakaian seragam pramuka," imbaunya.

Dipilihnya Batik Riau, karena batik ini telah menjadi hak paten Dekranasda Riau tersebut dijadikan baju batik bagi siswa. "Dengan tujuan memperkenalkan dan menanamkan rasa cinta serta membudayakan batik Riau," pungkasnya.

Laporan: Ade Lestari
Editor: Riki

Berita Lainnya

index