Nilai Kewirausahaan Murid Perlu Ditanamkan Sejak di Bangku TK

Nilai Kewirausahaan Murid Perlu Ditanamkan Sejak di Bangku TK

PEKANBARU, RiauAktual.com - Nilai-nilai ekonomi kreatif dan kewirausahaan perlu ditanamkan kepada peserta didik di sekolah, nilai yang dimaksud seperti kejujuran, mandiri, kreatif, tanggung jawab, inovatif dan komunikatif. Nilai-nilai tersebut dapat dikembangkan melalui pembelajaran sejak di tingkat TK.

Hal ini disampaikan Kasi TK Dinas Pendidikan Pekanbaru Hj Erma MPd, yang mengatakan, penanaman nilai-nilai kewirausahaan berdasarkan Inpres No. 4 tahun 1995 tentang gerakan Nasional memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan.

"Adapun penanaman nilai-nilai ekonomi kreatif dapat diterapkan dalam bentuk pembelajaran ketrampilan dan pengembangan. Seperti melipat, melukis, mengisi pola dan lainnya, selain itu juga bisa melalui motorik kasar yakni olahraga," kata Erma, saat ditemui RiauAktual.com, Selasa (17/9/2013).

Dijelaskannya, saat ini sudah disosialisasikan di tingkat Provinsi Riau dengan menghadirkan utusan dari kabupaten/kota se-Riau dalam bentuk diklat. Ia berharap anak didik sejak awal ditanamkan nilai-nilai kewirausahawan tersebut.

"Kedepan nantinya akan bisa mandiri, bertanggung jawab dan kerja keras. Dengan demikian pendidikan ekonomi kreatif itu mendorong peserta didik mengembangkan kreatifitas dan inovasi diri," paparya.

"Penanaman nilai tersebut bukan berarti menjadikan peserta didik sebagai pengusaha, akan tetapi mengembangkan jiwa wirausaha yang memiliki tanggung jawab sosial, peduli dan peka terhadap lingkungannya," tambahnya. (ade)

Berita Lainnya

index