Hasil Monitoring BOS Pada Tahap Analisis

Hasil Monitoring BOS Pada Tahap Analisis

PEKANBARU, RiauAktual.com - Tim Monitoring BOS Kota Pekanbaru masih terus melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana BOS oleh pihak sekolah. Sampai saat ini hasil laporan monitoring BOS sudah pada tahap analisis. Demikian dikatakan Ketua Manager BOS Kota Pekanbaru Naguib Nasution SPd.

Dikatakannya, tim monitoring yang melibatkan para pengawas ini sudah berkerja optimal, karena jumlah sekolah yang menerima BOS ini cukup banyak maka sampai saat ini belum selesai.

Akan tetapi masih dalam tahap anlisis hasil laporan pengawasan yang masuk. Menurut Naguib tim monitoring ini memeriksa segala penggunaan dana BOS tersebut oleh pihak sekolah tentunya mengacu kepada aturan penggunaannya.

Dijelaskannya, bisa saja terjadi pelanggaran, diantaranya porsinya terlanggar atau tidak sesuai dengan ketentuan. Seperti pembayaran honor bagi guru honor komite atau sekolah, porsinya hanya 20 persen ternyata porsinya lebih dari 20 persen.

"Makanya perlu dilakukan kajian atau analisis, apakah dalam penggunaan dana BOS tersebut ada pelanggaran atau tidak," tuturnya, Rabu (2/10/2013).

Pengawasan BOS ini dilakukan fungsinya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dana BOS tersebut sepanjang bisa dikontrol. Untuk Kota Pekanbaru ada 400 sekolah yang menerima BOS yaitu 273 SD dan seratus lebih SMP. Dimana total anggaran pertahunnya mencapai Rp95 miliar.

Lebih jauh dijelaskannya bahwa monitoring BOS juga ingin memastikan penggunaannya, sehingga diharapkan tidak terjadinya penyelewengan atau salah penggunaannya.

Naguib menghimbau kepada seluruh kepala sekolah agar dapat menggunakan dana BOS sesuai kebutuhan dan aturan BOS yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. (ade)

Berita Lainnya

index