SMKN 1 Pekanbaru Jadi Outlet Prakerin ke Malaysia

SMKN 1 Pekanbaru Jadi Outlet Prakerin ke Malaysia
SMKN 1 Pekanbaru Jadi Outlet Prakerin ke Malaisya. ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pekanbaru kembali dipercaya pemerintah pusat sebagai salah satu outlet keberangkatan siswa praktik kerja dan industri (Prakerin) ke luar negeri. Pada Selasa (8/10/2013) dilepas keberangkatan 22 siswa SMK yang berasal dari SMKN 1 Pekanbaru, SMK Muhamadyah Dua (SMK MUDA) Pekanbaru, SMKN 2 Jambi, SMKN 1 Batang Hari dan SMKN 1 Marangin, ke Malaysia.

Selama enam bulan ke depan, siswa dari berbagai provinsi tersebut akan Prakerin di perusahaan Selanggor Food Sdn Bhd Selanggor Malaysia. "Bisa praktik kerja industri ke luar negeri merupakan kesempatan langka bagi siswa SMK. Karena itu manfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Prof Dr Zulfadil SE MBA usai melepaskan keberangkatan 22 siswa SMK ke Malaysia.

Pelepasan keberangkatan yang dilaksanakan di Aula Komite SMKN 1 Pekanbaru juga dihadiri Kepala SMKN 1 Pekanbaru Dra Geni Wilyarti, Komite SMKN 1 Pekanbaru  dan perwakilan sekolah peserta Prakerin.

Zulfadil menambahkan, Prakerin merupakan salah satu upaya menciptakan anak didik yang memahami budaya kerja khususnya di luar negeri.

Hal itu diharapkan nantinya dapat membentuk pemahaman dan sikap peserta didik yang memiliki kemauan tinggi, disiplin, kerja keras dan bisa bersaing di dunia kerja internasional.

"Siswa harus percaya diri dan berkepribadian yang unggul sehingga mampu menembus dunia kerja luar negeri," katanya.

Kepala SMKN 1 Pekanbaru Dra Geni Wilyarti, mengatakan, ditunjuknya sekolah ini sebagai outlet keberangkatan Prakerin ke luar negeri merupakan kebanggaan bagi daerah.

"Apalagi siswa yang diberangkatkan ke luar negeri berasal dari luar Riau. Prakerin ke luar negeri merupakan tuntutan  yang berkewajiban menjalin partnership industri yang berada di luar negeri. Kerjasama ini dituangkan dalam MoU dan kerjasama pengiriman siswa on the job training ke luar negeri," jelasnya.

Dia mengharapkan siswa yang diberangkatkan Prakerin ke Malaysia dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Dalam rombongan keberangkatan ke Malaysia, 35 Siswa SMKN 3 Pekanbaru tergabung dalam Prakerin ke Malaysia tersebut. Dari 35 siswa tersebut terdiri dari Jurusan Akomodasi Perhotelan dan Jurusan Tata Boga Prakerin di Hotel Holiday Villa Subang Jaya, Hotel Suites Kota Bahaharu dan Hotel City Villa Malaysia.

Mereka akan bekerja sambil belajar di hotel tersebut selama enam bulan kedepan, sejak keberangkatannya besok tanggal 9 oktober 2013. (ade)

Berita Lainnya

index