Kurbankan Empat Sapi, SMAN 11 Pekanbaru Ajarkan Cara Berbagi kepada Peserta Didik

Kurbankan Empat Sapi, SMAN 11 Pekanbaru Ajarkan Cara Berbagi kepada Peserta Didik
Kurbankan Empat Sapi, SMAN 11 Pekanbaru Ajarkan Cara Berbagi kepada Peserta Didik. (ade)

PEKANBARU, RiauAktual.com - Upaya menanamkan syariat agama kepada warga sekolah khususnya bagi peserta didik, SMAN 11 Pekanbaru melaksanakan kurban hari ini, Kamis (17/10/2013). Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan sekolah setiap Hari Raya Idul Adha.

''Alhamdulillah hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan dibanding pelaksanaan sebelumnya, tahun ini kami mengurbankan empat ekor sapi. Sebelumnya kami hanya mampu mengurbankan tiga ekor sapi,'' ujar Kepala SMAN 11 Pekanbaru Drs Saparuddin kepada RiauAktual.com, di sela-sela pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Dikatakan Saparuddin, perencanaan pelaksanaan agenda kurban itu sudah dilakukan sejak dua bulan lalu, hal itu dilakukan agar persiapan bisa lebih maksimal dan pada pelaksanaannya nanti tidak ada kendala yang menghambat.

''Kami juga sudah menyiapkan panitia kurban yang berasal dari pegawai sekolah,'' ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, penyembelihan kurban itu merupakan tanda syukur keluarga besar SMAN 11 kepada Allah SWT sembari meningkatkan ketakwaan kepada Sang Pencipta. Selain itu, pelaksanaan
kurban ini juga mengajarkan kepada peserta didik tentang syariat agama yang rutin dilakukan umat muslim setiap tahunnya. Karena pada pelaksanaan kurban ini banyak nilai-nilai kehidupan yang bermanfaat jika diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari, seperti ikhlas, saling berbagi, peduli dan yang penting meningkatkan silahturrahmi dan ketakwaan.

Usai penyembelihan, panitia akan membagikan daging kurban kepada keluarga besar SMAN 11, terutama yang tidak mampu. "Setelah itu baru dibagikan kepada fakir miskin dan masyarakat di lingkungan sekolah," tuturnya. (ade)

Berita Lainnya

index