SMAN 5 Pekanbaru Training Pembuatan Kompos

SMAN 5 Pekanbaru Training Pembuatan Kompos
Kepala SMAN 5 Pekanbaru Drs Darisman MPd. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - SMAN 5 Pekanbaru telah melaksanakan training pembuatan pupuk kompos kepada para guru dan siswa, kegiatan ini mengolah sampah organik untuk dijadikan kompos. Demikian disampaikan Kepala SMAN 5 Pekanbaru Drs Darisman MPd kepada RiauAktual.com, Jumat (18/10/2013).

Darisman menyebutkan pembuatan kompos ini dilakukan setelah sekolahnya menjadi duta Riau di tingkat Nasional sebagai sekolah Adiwiyata. Saat ini sekolah yang dipimpinnya telah mendapat dana bansos dari Kemendikbud sebesar Rp50 juta untuk pembuatan kompos.

"Karena sekolah sudah memiliki bank sampah, maka sampah organik seperti daun-daunan yang dapat diolah menjadi kompos. Hal inilah yang diajarkan kepada siswa, sehingga sampah organik tersebut dapat diolah menjadi pupuk kompos," tuturnya.

Dijelaskannya lagi, kompos tersebut nantinya selain dipakai untuk penghijauan sekolah, juga akan dijual dan dipasaran. Sedangkan sampah anorganik seperti plastik bekas minuman dan makanan instan akan diolah menjadi soevenir dan hiasan yang dapat dijual melalui kerjasama dengan dalang colection.

Menurut Darisman, SMAN 5 adalah satu-satunya sekolah di Riau yang mendapat bantuan sosial Kemendikbud melalui APBN-P. Melalui kegiatan ini pemerintah ingin siswa itu sadar akan lingkungan, adanya perubahan sikap dan tingkah laku.

"Harapannya warga sekolah ini betul-betul sadar akan lingkungan, selain itu juga adanya penghematan energi seperti air dan listrik, dan kedepan program pembuatan kompos ini akan lebih baik lagi," pungkasnya. (ade)

Berita Lainnya

index