SMPN 16 Pekanbaru Evaluasi Kemampuan Peserta Didik

SMPN 16 Pekanbaru Evaluasi Kemampuan Peserta Didik
Kepala SMPN 16 Rukiyah MPd. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Guna melihat kemampuan peserta didiknya dalam tengah semester pertama tahun ajaran 2013/2014, SMPN 16 Pekanbaru baru saja laksanakan mid semester sembari mengevaluasi kemampuan peserta didiknya.

"Pelaksanaan mid semester ini lebih kepada melihat kemampuan peserta didik dalam menyerap ilmu yang ditransfer oleh guru, sekaligus melihat kemampuan guru dalam mentransfer ilmu kepada anak didiknya. Jika nilai mereka bagus berarti guru itu bisa dikatakan berhasil dalam mendidik, sebaliknya jika ada yang gagal itu menjadi evaluasi dan motivasi bagi guru kedepannya untuk lebih baik lagi dalam menerapkan metode pembelajaran yang lebih efektif," ujar kepala SMPN 16 Rukiyah MPd, Senin (21/10/2013).

Sedangkan bagi siswa yang mendapat nilai rendah, Rukiyah menjelaskan jika pihak sekolah terutama guru bersangkutan untuk melakukan remedial dan bisa juga memberikan tugas tambahan untuk memperbaiki nilai yang dianggap belum mencukupi.

Tidak hanya itu, pihak SMPN 16 juga berencana memanggil orangtua siswa yang nilai anaknya rendah, hal itu dilakukan agar orangtua mengetahui seperti apa kondisi anaknya.

"Dengan hal ini orangtua bisa lebih memperhatikan anak mereka, baik itu pengawasan dalam belajar, pergaulan dan semua aktivitas yang anak lakukan. Hal ini juga untuk kebaikan anak kedepannya, selain itu pemanggilan itu juga merupakan komunikasi antara sekolah dengan orangtua. Sehingga orangtua bisa lebih memotivasi anak mereka dalam meningkatkan kemampuan dan semangat belajar," tutur Rukiyah. (ade)

Berita Lainnya

index