Debat Bahasa Inggris Tingkat SMA se Kota Pekanbaru

SMAN 1 Pekanbaru Kembali Peroleh Juara 1

SMAN 1 Pekanbaru Kembali Peroleh Juara 1
TIM Debat Bahasa Inggris Foto Bersama Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Pekanbaru. FOTO: ist

PEKANBARU, RiauAktual.com - SMAN 1 Pekanbaru memenangkan juara 1 pada lomba debat Bahasa Inggris tingkat SMA sederajat se Kota Pekanbaru. Pada acara ini diikuti 17 sekolah yang ada di Pekanbaru.

Untuk Peserta didik SMAN 1 Pekanbaru berhak memperoleh Piala Bergilir E-COMP SMA CENDANA RUMBAI 2013, sertifikat dan uang pembinaan. Siswa yang beruntung tersebut adalah Putri Rahma Dewi, Firly Dina Fanadi dan M Rayyan Fahmi. SMAN 1 Pekanbaru keluar sebagai juara 1 karena berhasil mengalahkan 2 sekolah Top lainnya yaitu SMA Cendana dan SMAN 8 Pekanbaru.

Menurut Khairunnisa MPd, Guru Pembimbing SMAN 1 Pekanbaru, mengatakan, Tim Debat Bahasa Inggris SMAN 1 Pekanbaru sudah beberapa kali menjuarai lomba Debat Tingkat SMA pada beberapa Event, seperti lomba debat bahasa inggris fakultas kedokteran UNRI, lomba debat SMA Santa Maria, dan terbaru adalah SMA Cendana Pekanbaru.

Persiapan yang dilakukan sebelum lomba adalah melakukan latihan secara intensif yang melibatkan pelatih dari Universitas ternama. Khairunnisah berharap untuk tahun-tahun berikutnya SMAN 1 Pekanbaru dapat mempertahankan prestasi yang telah dicapai dan jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah diraih.

Melihat prestasi yang telah diraih peserta didiknya, Kepala SMAN 1 Pekanbaru Dra Wan Roswita MPd akan mendukung terus kegiatan tersebut dan akan memfasilitasi kegiatan yang sama di SMAN 1 Pekanbaru.

"Kedepan akan banyak potensi yang akan digali dari peserta didik karena di SMAN 1 Pekanbaru, Bahasa inggris merupakan pelajaran yang banyak diminati oleh peserta didik, terbukti dari banyaknya peserta didik yang memilih bahasa inggris sebagai pelajaran pilihan dalam lintas minat di kurikulum 2013," terangnya.

Debat dalam bahasa inggris adalah skill dalam public speaking yang sulit dilaksanakan karena melibatkan kemampuan kebahasaan yang kompleks. Tetapi dalam hal ini ketiga peserta didik SMAN 1 Pekanbaru tersebut sudah menunjukkan kemampuan yang mumpuni dengan latihan yang sangat intensif mereka bisa mengembangkan topik-topik debat menjadi pertunjukan debat yang panas melawan tim-tim tangguh lainnya.

"Kedepan ketiga jawara ini akan menerapkan kemampuan mereka dan menularkan kepada teman-teman yang lain agar SMAN 1 Pekanbaru bisa terus berprestasi khususnya di bidang debat berbahasa inggris," harapnya. (ade)

Berita Lainnya

index