Untuk Terapkan Kurikulum 2013

Disdik Riau Latih Guru Inti

Disdik Riau Latih Guru Inti
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dalam upaya mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah pusat, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau melalui Unit Pelayanan Terpadu Pengembangan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (UPT-PPTK), telah menganggarkan dana sebesa 3 Miliar untuk pelatihan guru inti di Riau.

Kepala UPT PPTK Disdik Riau Faisal, menjelaskan saat ini Disdik tengah melakukan pendataan untuk pelatihan kompetensi guru inti dalam menjalankan program kurikulum 2013, yang dilaksanakan di seluruh jenjang pendidikan baik swasta maupun negeri.

"Saat ini masih dilakukan pendataan guru inti yang akan mengikuti pelatihan. Namun untuk kabupaten/kota sudah ada yang mengadakan sendiri dengan menggunakan dana swadaya atau swakelola," ujar Faisal.

Dikatakan Faisal, anggaran Rp3 miliar tersebut merupakan dana APBD 2014 yang digunakan untuk TOT (Trainin of Trainer) guru inti bagi seluruh tingkatan mulai dari SD,SMP dan SMA.

"Waktu pelatihan selama satu pekan yakni 52 jam, namun hingga saat ini masih belum bisa dipastikan karena APBD 2014 masih belum disahkan," ungkapnya.

Lebih lanjut, seluruh pelatihan langsung dikelola Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau.

"Kita memfokuskan kepada pelatihan instruktur atau guru inti yang ditunjuk masing-masing kabupaten/kota di Riau. Nantinya guru inti diharapkan bisa menyalurkan ilmu kepada guru guru yang lain, makanya hingga saat ini kita masih menunggu pengesahan anggaran APBD 2014," tutur Faisal. (ade)

Berita Lainnya

index