Dorong Ekonomi Lokal, UMKM Binaan PHR Meriahkan KNF Vol. 6 di Pekanbaru

Dorong Ekonomi Lokal, UMKM Binaan PHR Meriahkan KNF Vol. 6 di Pekanbaru
UMKM Binaan PHR Meriahkan KNF Vol. 6 di Pekanbaru

Riauaktual.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) turut serta dalam acara Karya Nyata Festival (KNF) Vol. 6 by SMEXPO Pekanbaru, sebagai bagian dari upaya untuk mendukung perekonomian Riau, terutama di Kota Pekanbaru, melalui sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dalam KNF yang berlangsung di Lapangan Aero Sport, Kota Pekanbaru, pada tanggal 26-28 April 2024, PHR mempersembahkan 5 UMKM unggulan yang merupakan binaannya, termasuk Bank Sampah Ibnu Al Mubarok, Andy's Ice Cream, Usaha Icik Meri (Takoyaki JanMur), Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) F&B, dan Tambul Lomak.

"Partisipasi ini menegaskan komitmen PHR dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau. Kami membawa beberapa UMKM unggulan kami dalam KNF ini sebagai contoh nyata bagaimana kegiatan ekonomi dapat tumbuh. Selain itu, kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Riau untuk mengurangi tingkat pengangguran," kata Corporate Secretary PHR, Rudi Ariffianto, Selasa (30/4/2024).

Selain pameran UMKM, KNF Vol. 6 Pekanbaru juga menampilkan berbagai kegiatan seperti Business Matching, Dialog Bisnis, dan Lomba Kreatif dengan hadiah jutaan rupiah. PHR memanfaatkan kesempatan ini dengan melibatkan para perwira perusahaannya sebagai pembicara dalam program Dialog Bisnis, membahas topik pemasaran dan kewirausahaan.

"Para perwira PHR berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam pemasaran dan kewirausahaan kepada para pengunjung dan peserta KNF. Tujuannya adalah memberikan masukan khususnya kepada UMKM yang hadir untuk mengembangkan usaha dan karya mereka," ungkap Rudi.

Program binaan UMKM PHR merupakan bagian penting dari strategi pemberdayaan ekonomi perusahaan, dengan fokus pada peningkatan pendapatan masyarakat. Dukungan ini mencakup bantuan peralatan, peningkatan kualitas SDM UMKM, dan pemasaran produk UMKM binaan.

"Melalui dukungan ini, kami berharap UMKM binaan PHR dapat terus berkembang dan mencapai tingkat yang lebih baik," tambahnya.

KNF Vol. 6 Pekanbaru juga ditutup dengan peresmian Rumah BUMN Pekanbaru, sebagai komitmen Kementerian BUMN untuk mendukung pertumbuhan UMKM lokal. Rumah BUMN Pekanbaru, yang dikelola oleh PT Pertamina (Persero), memberdayakan 3.200 UMKM lokal di Riau dengan menyelenggarakan pelatihan reguler untuk membantu UMKM meningkatkan kualitas dan berkembang.

Berita Lainnya

index