Komisi IV DPRD Pekanbaru Tinjau Kondisi Jalan Karya Indah yang Alami Kerusakan

Komisi IV DPRD Pekanbaru Tinjau Kondisi Jalan Karya Indah yang Alami Kerusakan
Komisi IV DPRD Pekanbaru Tinjau Kondisi Jalan Karya Indah

Riauaktual.com - Komisi IV DPRD Pekanbaru melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau kondisi Jalan Karya Indah yang mengalami kerusakan, Senin (29/4/2024) kemarin. Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Nurul Ikhsan memimpin rombongan yang terdiri dari anggota lainnya, yakni Firmansyah, Pangkat Purba, dan Robin Eduar. Kunjungan ini didampingi oleh Lurah Air Hitam, Zulfi Ijum.

Rombongan Komisi IV DPRD Pekanbaru langsung meninjau kondisi Jalan Karya Indah di Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, yang sering menjadi keluhan masyarakat sekitar.

Meskipun kerusakan jalan tidak terlihat secara signifikan, namun kondisi jalan yang berdebu menjadi perhatian utama. Mereka juga melihat satu unit alat berat sedang melakukan penimbunan gorong-gorong yang ambruk di jalan tersebut.

"Ya, tadi kita langsung meninjau lokasi dan yang kita temukan itu ada dua, jalannya rusak dan jembatan yang jebol, lalu kita lihat itu tadi lagi ditimbun tanah. Kita juga sudah sampaikan ke Lurah agar itu segera dilakukan perbaikan," kata Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Robin Eduar.

Robin juga menyoroti bahwa meskipun jalan telah ditimbun, namun belum diaspal, yang menyebabkan debu menjadi masalah utama bagi warga sekitar. Dia berharap agar Jalan Karya Indah segera diaspal kembali dan gorong-gorong yang rusak diganti.

"Sekarang sudah ditimbun, tadi kita lihat memang tidak begitu parah lagi tapi jalan itu banyak menimbulkan debu. Itulah yang dikeluhkan warga dan faktanya memang demikian," tambahnya.

Robin dan rombongan Komisi IV juga mendengar keluhan dari masyarakat sekitar terkait banyaknya truk besar yang melintas di Jalan Karya Indah. Padahal, jalan ini merupakan akses utama bagi masyarakat menuju sejumlah sekolah.

"Soal debu ini kita minta Pak Lurah tolong ingatkan, mereka harus ada water tank. Jadi disiram jalan ini agar tidak berdebu. Terus ke depan ini tidak boleh lagi truk berat dipakai. Sesuai klasifikasi jalan paling berat Colt Diesel. Makanya jalan ini hancur karena mobil yang melintas tidak sesuai kelasnya, akibatnya gorong-gorong ikutan ambruk jadinya," jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menekankan kepada Lurah Air Hitam untuk berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Dishub Kota Pekanbaru guna menyelesaikan keluhan masyarakat terkait Jalan Karya Indah yang berdebu dan belum diaspal ulang.

"Disinilah peran Lurah, harus mengawasi dan mengontrol daerah kerja dia. Apalagi Lurah itu ujung tombak pemerintahan di suatu daerah sehingga harus tahu apa yang terjadi di daerahnya. Kalau timbul hujan, jalan ini luar biasa beceknya," pungkasnya.

Berita Lainnya

index