Sejak Pertama Masuk Sekolah, Murid Disodorkan Aturan Tatib

Sejak Pertama Masuk Sekolah, Murid Disodorkan Aturan Tatib
Ilustrasi. FOTO: DOC RA

PEKANBARU, RiauAktual.com - SMPN 17 Pekanbaru membuat aturan kedisiplinan kepada siswa, ini dilakukan agar siswa dapat mengetahui dan menerapkan aturan yang diberlakukan di sekolah.

"Kami sangat mengutamakan kedisiplinan bagi seluruh warga sekolah, baik itu bagi kalangan siswa maupun guru. Hal itu dilakukan sejak mereka masuk sekolah dengan memberikan selebaran aturan tata tertib sekolah yang harus dilaksanakan," kata Kepala SMPN 17 Pekanbaru Ade Armi, Rabu (22/1/2014).

Dikatakan Ade, penerapan aturan itu selain mengajarkan kepada siswa untuk lebih disiplin, juga untuk meningkatkan prestasi belajar.

"Alhamdulillah, secara umum aturan yang kita sampaikan kepada anak anak didik dapat dilaksanakan dengan baik. Meskipun ada juga beberapa yang melanggar, namun itu hanya sebagian kecil dan pelanggarannya juga tidak sampai fatal," ungkapnya.

Selanjutnya, aturan tersebut akan terus disosialisasikan kepada siswa. Sebab jika aturan itu disosialisasikan terus menerus, siswa akan terus ingat dan memahaminya. Sehingga berupaya untuk mematuhinya dan tak akan melanggar, khususnya kehadiran disekolah.

"Kehadiran siswa sangat kita tonjolkan, mereka harus hadir tepat waktu sebagai bukti aturan sekolah sudah dilakukan. Walaupun begitu, aturan kedisiplinan lainnya juga tidak kalah penting. Apalagi proses belajar mengjar," tutur Ade.

Terkait sanksi bagi mereka yang melanggar, Ade menjelaskan akan ada sanksi seperti umumnya di sekolah lainnya. Seperti sanksi bagi siswa yang tidak hadir tiga kali berturut-turut tanpa adanya pemberitahuan, maka akan ada pemanggilan orangtua.

"Banyak sanksi lain yang akan kita berikan kepada siswa yang melanggar kita sesuaikan dengan kesalahan yang mereka perbuat," jelasnya. (ade)

Berita Lainnya

index