Yuk Intip Warung Jujur di SMAN 8 Pekanbaru

Yuk Intip Warung Jujur di SMAN 8 Pekanbaru
Foto bersama di kantin jujur. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Warung jujur mungkin sudah tidak asing lagi di sekolahan, pasalnya sebagian sekolah di Pekanbaru sudah menerapkan program warung jujur dalam upaya melatih kejujuran siswa sejak dini. Salah satu sekolah yang menerapkan warung jujur itu adalah SMPN 8 Pekanbaru yang berada di Jalan Adi Sucipto.

Waka kesiswaan SMPN 8 Pekanbaru Nurasmidar SPd, mengatakan warung jujur itu ditujukan untuk meningkatkan dan melatih kejujuran peserta didik sejak dini. Kejujuran paling kecil dimulai dari aktifitas jual beli di warung jujur sekolah.

"Awalnya penerapan program warung jujur ini memang belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Karena masih ada siswa yang kurang kejujurannya, misalnya belanja dua tapi dibayar satu. Namun seiring berjalannya waktu dan adanya arahan dari sekolah, kini kejujuran siswa sudah tertanam dengan baik," ujar kepala SMPN 8 Pekanbaru Raja Izda, kepada RiauAktual.com, Rabu (29/1/2014).

Dikatakan Raja, terlalu berat bagi anak usia sekolah jika harus dibekali pembelajaran tentang tindak pidana korupsi. Melalui warung kejujuran, anak secara tidak langsung dilatih untuk membiasakan diri untuk berbuat jujur. Dengan kebiasaan sejak dini ini, kedepan jika sudah dewasa bahkan berhasil menjadi pejabat pemerintahan maka sang anak akan terbiasa berlaku jujur sebab moral kejujuran sudah tertanam sejak usianya masih dini.

"Warung kejujuran merupakan salah satu program nasional untuk pencegahan tindak pidana korupsi dan dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis moral dan kejujuran. Saya yakin konsep ini cocok untuk dikembangkan," tuturnya.

Raja berharap melalui program kantin jujur tersebut, mampu memberikan pemahaman tentang pentingnya nilai nilai kejujuran bagi peserta didik. "Dengan menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada para siswa di sekolah, diharapkan dapat membawa masa depan bangsa menjadi lebih baik lagi," harap Raja. (ade)

Berita Lainnya

index