Akhir Pekan, Personil Polsek Ukui Tingkatkan Patroli Pada Daerah Rawan Karhutla

Akhir Pekan, Personil Polsek Ukui Tingkatkan Patroli Pada Daerah Rawan Karhutla

Riauaktual.com - Dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Polsek Ukui, jajaran Polres Pelalawan terus mengoptimalkan kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan menyebarkan maklumat kapolda riau tentang larangan membakar hutan dan lahan serta patroli daerah-daerah rawan karhutla khususnya diakhir pekan.

Bhabinkamtibmas Desa Bukit Jaya Bripka Abu Kholis bersama personil Polsek Ukui melaksanakan patroli Karhutla secara bersama pada daerah-daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, seperti yang dilaksanakan di Desa Bukit Jaya dan Desa Rri Mulya Jaya, Sabtu (17/4/21).

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada warga binaanya yang dijumpai di lokasi perkebunan, agar tidak membakar lahan, termasuk ketika saat hendak bercocok tanam. Pada kesempatan itu juga personil turut membagikan Maklumat Kapolda Riau tentang larangan membakar hutan maupun lahan.

Kapolsek Ukui AKP Rifendi S.Sos.,M.Si saat di konfirmasi membenarkan perihal kegiatan tersebut, Ya benar kegiatan patroli daerah rawan Karhutla, setiap hari kami laksanakan, baik melalui bhabinkamtibmas pada tiap desa maupun personil Polsek Ukui lainya, hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya kebakaran, pendeteksian dini, sehingga memudahkan kami untuk mengantisipasi atau menanggulangi terjadinya kebakaran.

Dia menjelaskan, teknisnya dilapangan, karena kan munculnya api itu tidak secara tiba-tiba, pasti dari faktor manusia, baik disengaja maupun tidak sengaja seperti saat orang sedang memancing kemudian bakar ikan atau puntung rokok dibuang sembarangan, itu dapat mengakibatkan kebakaran yang jelas semuanya faktor manusia.

"Untuk itu, setiap anggota saya tekankan agar melakukan pencegahan karhutla baik berupa sosialisasi, edukasi, bahkan penindakan sekalipun bila diperlukan," tambah Kapolsek.

Sejauh ini belum ada informasi terkait adanya hot spot dari rekan-rekan Polsek yang dilapangan dan dari pantauan Aplikasi Dashboard Lancang Kuning juga untuk wilayah Kecamatan Ukui, masih Nihil.

Aplikasi Dashboard Lancang Kuning adalah aplikasi gagasan bapak Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi S.H., S.I.K., M.Si yang dapat mengidentifikasi titik panas melalui satelit dan kemudian tersambung ke setiap perangkat selular seluruh personil polda riau. 

Kapolsek berharap, wilayah Ukui tidak lagi menjadi penyumbang asap seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berita Lainnya

index