Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh

Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh
Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh Foto: iStock

Riauaktual.com - Setelah makan terlalu banyak tubuh selama lebaran, sebaiknya kamu lakukan detoks tubuh. Berikut ini 5 cara alami yang bisa membantu detoks tubuh.

Pada saat perayaan idul fitri, banyak orang yang makan dalam jumlah banyak selama beberapa hari. Perayaan dengan banyak makanan enak memang cukup sulit untuk menahan keinginan untuk makan.

Tak jarang orang juga akan merasakan penyesalan setelah makan dalam jumlah yang banyak. Tubuh akan terasa sangat penuh bahkan kesulitan bergerak setelah makan terlalu banyak.

Pada saat seperti ini dibutuhkan cara untuk mendetoks tubuh untuk membantu mengeluarkan sisa asupan yang masuk dan menumpuk dalam tubuh. Ternyata ada 5 cara alami yang dikatakan mampu membantu detoks tubuh setelah makan terlalu banyak.

Berikut ini 5 cara alami untuk detoks tubuh setelah makan banyak menurut Times of India (19/5).

1. Hindari berbicara negatif pada tubuh
Walaupun kamu telah melakukan kesalahan dengan makan terlalu banyak, upayakan untuk tidak mengutuk dirimu sendiri. Sesekali makan banyak tidak terlalu berbahaya dan berdosa.

Saat ingin fokus dengan metode clean-eating, makan makanan favorit yang tidak terlalu sehat sesekali masih diperbolehkan. Permasalahannya hanya akan terjadi jika makan berlebihan ini dilakukan dalam waktu yang cukup sering.

Berpikir positif diketahui lebih ampuh untuk membantu mengendalikan nafsu makan dibandingkan berbicara buruk pada diri sendiri. Berbicara buruk pada diri sendiri tidak akan membantu apapun, justru menambahkan beban stres yang berlebihan.

2. Coba olahraga ringan
Setelah makan terlalu banyak dan memasukkan kalori berlebihan ke dalam tubuh, olahraga ringan menjadi jalan keluar. Untuk membantu membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, olahraga ringan akan sangat membantu.

Tidak perlu olahraga yang berat atau terlalu banyak. Memulai dengan olahraga ringan tetapi sering akan lebih efektif untuk membakar kalori.

Upayakan untuk melakukan olahraga yang tidak terlalu membebani tubuh dan tetap memberikan tubuh waktu untuk beristirahat. Misalnya seperti berjalan atau melakukan yoga di rumah.

####


3. Minum banyak air

Cara yang paling cepat yang bisa dilakukan tepat setelah makan banyak adalah banyak minum air. Cairan dari air sangat efektif untuk membantu setidaknya mengurangi sisa-sisa makanan yang bisa langsung dibuang.

Air dapat mendorong sisa-sisa makanan yang tak bisa diserap oleh tubuh melalui urin dan atau keringat. Selain itu, banyak minum air setelah makan juga akan membantu meningkatkan metabolisme sehingga pencernaan makanan akan lebih cepat.

Agar tak bosan, minum air juga bisa ditambahkan dengan rasa alami misalnya seperti infused water. Tak hanya dengan minum air putih, konsumsi air kelapa atau buah tinggi air juga dapat menjadi selingan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan minum air dan membantu mendorong makanan di dalam tubuh.

4. Makan lebih banyak serat

Berpuasa setelah makan dalam jumlah banyak mungkin menjadi hal yang sering dianggap sebagai alternatif. Ternyata, makan banyak serat justru lebih efektif untuk mendorong makanan keluar.

Makan makanan sehat dan tinggi serat akan sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan mendorong pencernaan untuk bekerja. Jika metabolisme bekerja lebih cepat, makanan akan segera dicerna dan sisanya yang tak tercerna akan langsung dibuang sebagai feses.

Makronutrien yang ada pada makanan sehat yang tinggi serat juga akan membantu ginjal dan liver untuk membuang sampah endapan makanan dari dalam tubuh dengan lebih baik. Makanan tinggi serat ini juga bisa membantu meningkatkan bakteri baik dalam usus sehingga dapat meningkatkan fungsi usus.


5. Makan makanan mentah dan fermentasi

Makan makanan yang telah difermentasi menjadi ide bagus lainnya untuk mendetoks tubuh setelah makan dalam jumlah yang banyak. Makanan yang difermentasikan seperti yogurt, kefir atau acar dapat membantu proses pencernaan.

Makanan yang telah terfermentasi ini juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu detoks tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan probiotik pada makanan yang telah difermentasi dapat membantu perkembangan formasi bakteri baik dalam usus.

Semakin banyak bakteri baik yang ada dalam usus terbukti berkaitan dengan peningkatan kesehatan usus dan bahkan untuk kesehatan secara menyeluruh. Sederhananya, untuk tetap sehat setelah makan banyak kamu bisa menutup waktu makan dengan seporsi yogurt.

Berita Lainnya

index