Berikut Keterangan Propam Polda Riau Terkait Aksi Kompol RW yang Meninju Bripda FZ

Berikut Keterangan Propam Polda Riau Terkait Aksi Kompol RW yang Meninju Bripda FZ

Riauaktual.com - Kabag Ops Polda Riau Kompol RW terekam Cctv meninju petugas jaga gedung Mapolda Riau Bripda FZ. Video pemukulan itu kemudian viral dan tersebar luar. Kasusnya pun tengah ditangani Propam Polda Riau 

Menurut Kabid Propam Polda Riau Kombes Gatot S, Bripda FZ yang awalnya bersikap tidak sopan terhadap tamu yang masuk, yakni sejumlah anggota Satpol PP.

Saat itu, mobil yang dikendarai anggota Satpol PP masuk di depan Kompol RW. Bripda FZ terlihat marah-marah dan memukul besi portal penjagaan. Sopir Kompol RW juga mendengar Bripda FZ mengucapkan kalimat yang tidak pantas.

"Jadi awalnya Kompol RW melihat anggota jaga (Bripda FZ) yang tidak sopan terhadap tamu yang masuk, yakni Satpol PP. Kompol RW menanyakan kenapa petugas ini juga memukul tiang besi portal," ungkap Gatot Sujono, Sabtu (19/6/2021).

Lalu Bripda FZ, menjawab 'saya kesal komandan'. Mendengar jawaban itu, Kompol RW disebut emosi dan memukul bagian wajah Bripda FZ satu kali.

"Lalu Kompol RW menjelaskan keoada Bripda FZ bahwa kehadiran Satpol PP dan dirinya ke Polda Riau malam itu melaksanakan perintah pimpinan untuk apel giat protokol kesehatan, penyekatan jalan dan operasi yustisi," jelas Gatot.

Usai kejadian, Kompol RW menjumpai kepala pos jaga malam itu dan memberi penjelasan. Kompol RW menyampaikan penjagaan piket di pintu utama adalah etalase Polda Riau yang harus dipahami.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, seorang anggota polisi yang menjaga pintu masuk Mapolda Riau ditinju oleh Kabag Ops Sat Bimob Riau Kompol RW. Video itu berdurasi 19 detik, terlihat Bripda FZ sempat komunikasi dengan driver Kompol RW. 

Tak lama kemudian bintara polisi yang sehari-hari bertugas di Dit Samapta Polda Riau itu menunjuk ke arah portal yang terbuka.

Entah apa alasannya, Kompol RW langsung keluar dari mobil dinas Brimob Toyota Rush Nomor 172-IV. Kompol RW kemudian turun menemui Bripda FZ diikuti ajudannya, Brigadir TAQ.

Bripda FZ masih bersikap tegak, lalu Kompol RW langsung mengepal tangan kanan dan memukul kepala di pipi kiri wajah Bripda FZ. Pukulan tersebut membuat Bripda FZ terjatuh.

"Benar kejadiannya, sudah kita minta keterangannya," kata Gatot.

Pemukulan itu terjadi saat Kompol RW akan masuk Polda untuk apel malam, Rabu (26/5) lalu.

Gatot menyebutkan, pemukulan terjadi sekitar pukul 20.10 WIB. Saat itu, Kompol RW datang ke Mapolda untuk mengikuti apel penyekatan dan operasi Yustisi.

"Prosesnya kita mintai keterangan terkait kedua pihak. Soal motif kejadian, kami laporkan kepada pimpinan untuk proses selanjutnya," ungkap Gatot. (SAN)

Berita Lainnya

index