Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Atasi Stres

Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Atasi Stres
Teh chamomile pereda stres. (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Stres yang dialami setiap orang bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Jika tidak cepat ditangani, maka bisa saja berakibat pada depresi.

Mungkin cara umum yang paling orang banyak tahu adalah berkonsultasi dengan ahli seperti Psikolog atau dengan mengonsumsi minuman yang dapat mereda stres.

Namun, tahu kah Anda sebenarnya ada makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi stres? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Health Line pada Jumat (13/10/2023).

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti mackerel, herring, salmon , dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh Anda mengatasi stres. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi pada populasi Barat.

2. Teh chamomile

Chamomile adalah ramuan obat yang telah dikenal dan digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stres alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti meningkatkan tidur nyenyak, dan mengurangi gejala kecemasan juga depresi.

3. Kimchi

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang biasanya terbuat dari kubis napa dan daikon yaitu sejenis lobak. Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan bakteri baik yang disebut probiotik dan tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan (15Sumber Tepercaya).

Penelitian mengungkapkan, bahwa makanan fermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

4. Telur

Telur sering disebut sebagai multivitamin alami karena profil nutrisinya yang baik. Telur utuh mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk mengatasi stress, serta memperbaiki suasana hati.

5. Bawang putih

Kemudian ada bawang putih, di dalamnya kaya akan senyawa sulfur yang membantu meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan ini adalah bagian dari garis pertahanan pertama tubuh Anda melawan atau mengurangi stres.

Berita Lainnya

index