5 Buah Unik Hanya Ada di Indonesia

5 Buah Unik Hanya Ada di Indonesia
Buah dengan Bentuk Unik. (Foto: buahmerahpapua.web.id)

Riauaktual.com - Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan kekayaan alam yang melimpah, tak terkecuali vegetasinya yang menghasilkan buah-buahan yang hanya bisa dijumpai di tanah air.

Buah-buahan ini selain memiliki tampilan yang unik, keberadaannya juga cukup langka. Karena jarang dijumpai di pasaran maupun supermarket sekalipun. Kelima buah-buahan ini juga tumbuh di bagian-bagian tertentu kawasan Indonesia. 

Lantas, apa saja 5 buah unik yang hanya tumbuh di Indonesia? Berikut ulasan selengkapnya seperti dilansir dari Okezone.com :

Matoa

Buah matoa

Buah matoa berasal dari Papua, tapi buah ini juga dapat dijumpai di bagian Timur lainnya seperti Maluku. Buah matoa memiliki tinggi mencapai 18 meter dan berdiameter 100 cm. 

Walaupun kulit buah ini cukup keras, tapi rasa di dalamnya sangat segar dan manis menyerupai rasa buah kelengkeng. Selain dimakan langsung, buah matoa biasanya juga dicampurkan ke dalam rujak buah, dengan buah-buahan lainnya yang disiram dengan bumbu kacang.

Buah Merah (Kuansu)

Buah Merah

Masih dari tanah Papua, buah merah atau Kuansu berasal dari Papua Pegunungan. Tampilan buahnya berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun. 

Salah satu fakta menarik dari buah ini adalah dapat menurunkan resiko kanker, karena mempunyai kandungan tokoferol dan betakaroten.

Durian Gundul

Durian Gundul

Buah durian identik dengan kulit buahnya yang tajam berduri, tapi jangan salah di Nusa Tenggara Barat tepatnya di Lombok ada buah durian yang tidak memiliki duri.

Jika dilihat, kulit luar buah durian ini nyaris tanpa duri. Tetapi bagi Anda yang penasaran ingin mencoba durian ini, mungkin akan sedikit sulit karena pohon ini baru berbuah setelah 12 tahun lamanya.

Lobi-Lobi

Buah Lobi

Lobi-lobi merupakan jenis buah yang cukup mudah ditanam di kawasan tropis, seperti Indonesia. Bagi Anda yang belum pernah mencoba buah lobi-lobi, rasanya ini cenderung asam. Buah ini sangat cocok untuk dijadikan rujak, manisan, atau asinan.

Kecapi

Buah kecapi

Buah kecapi pada zaman dulu banyak ditanam oleh orang-orang Betawi. Sampai disebut sebagai buahnya orang Betawi. Buah kecapi memiliki bentuk bulat dan terdiri dari 2-5 biji besar di dalamnya, dengan rasa yang cenderung manis dan asam. 

Tak hanya rasanya yang enak, buah kecapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, dimana daging buah kecapi mengandung anti oksidan dan substansi bio aktif flavonoid dalam jumlah yang tinggi. Dimana bahan-bahan tersebut memiliki nilai nutrisi, yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti jantung koroner dan juga anti kanker.

Berita Lainnya

index