6 Fakta Uang Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Tak Berlaku Lagi tapi Punya Nilai Jual

6 Fakta Uang Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Tak Berlaku Lagi tapi Punya Nilai Jual
foto: Be Creative Uang koin gambar kelapa sawit

Riauaktual.com - - Uang koin Rp1.000 gambar kelapa sawit kini tidak berlaku lagi. Meskipun bukan alat transaksi yang sah, uang koin tersebut tetap memiliki nilai jual yang fantastis karena dinilai langka.

Berikut ini fakta-fakta terkait uang koin Rp1.000 Kelapa Sawit tak berlaku lagi tapi memiliki nilai jual hingga Rp100 juta, yang dilansir dari Okezone.com, Sabtu (16/12/2023).

1. Ditarik dari peredaran sejak 1 Desember

Bank Indonesia (BI) mencabut dan menarik uang Rupiah logam pecahan Rp500 tahun gambar melati (tahun emisi 1991 dan 1997) dan Rp1.000 gambar kelapa sawit (tahun emisi 1993). Pencabutan dan penarikan uang logam tersebut berlaku 1 Desember 2023.

Mengutip informasi dari BI, pencabutan dan penarikan uang Rupiah logam tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi bahan/material uang logam.

Meski telah ditarik peredarannya oleh BI tapi harga jual uang koin kuno ini tidak bisa dianggap remeh.

2. Dapat Ditukarkan di Bank Indonesia

Bagi masyarakat yang memiliki uang Rupiah logam tersebut dan ingin melakukan penukaran, dapat menukarkannya di Bank Umum mulai 1 Desember 2023 sampai dengan 1 Desember 2033, atau 10 tahun sejak tanggal pencabutan.

Layanan penukaran dapat juga dilakukan di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia dengan terlebih dahulu melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi PINTAR yang diakses melalui https://www.pintar.bi.go.id, dengan mengacu pada ketentuan atau informasi yang disampaikan mengenai jadwal operasional dan layanan publik Bank Indonesia.

3. Bisa dijual dan dihargai tergantung kondisi

Seorang penjual uang kuno David menunjukkan uang koin tahun 1945 di kawasan pertokoan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

David menjelaskan soal harga 1 koin uang Rp500 bergambar bunga melati dan 1 koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit yang kabarnya bisa dijual seharga Rp100 juta. Nyatanya koin tersebut di pasaran hanya dibanderol seharga Rp5.000 hingga Rp10.000 tergantung kondisi.

4. Tidak ada larangan penjualan

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko menyatakan pihaknya tak mempermasalahkan adanya penjualan uang koin itu hingga ratusan juta rupiah. Sebab, apabila seorang kolektor merasa itu memiliki nilai bersejarah dan seni yang tinggi, maka itu tidak dilarang jika ingin membeli dengan harga berapapun.

“Nah, itu kalau dianggap sebagai koleksi dan barang unik dan antik, susah. Tetapi kalau uang pada waktunya nanti dianggap sebagai barang kuno itu harganya tergantung kesepakatan. Kalau dikumpulkan, ya silakan aja,” kata Onny kepada Okezone, Rabu (13/12/2023).

5. Bisa Dijual hingga Rp100 juta

Uang koin Rp1.000 gambar kelapa sawit bisa dijual hingga Rp100 juta. Uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit dijual mahal secara online.

Hal ini diungkap lewat seorang penjual dari toko online bernama Nafisha04_shop mengungkap alasan kenapa uang Rp1.000 bergambar kelapa sawit bisa dijual Rp100 juta. Dia mengaku bahwa dirinya telah mengumpulkan uang koin Rp1.000 itu selama 10 tahun lamanya.

6. Bisa dijual ke berbagai pihak

Cara pertama bisa menjual ke komunitas penggemar uang kuno, banyak kolektor yang menginginkan barang langka. Cara kedua adalah dengan menjual uang tersebut ke pedagang uang kuno. biasanya ada di pinggir jalan atau sudut kota tertentu. Terakhir dapat menjual lewat situs e-commerce.

Berita Lainnya

index