Momen AKP Viola Gercep Urai Kemacetan di Kampar Demi Stabilitas Pemilu

Momen AKP Viola Gercep Urai Kemacetan di Kampar Demi Stabilitas Pemilu
Momen AKP Viola Gercep Urai Kemacetan di Kampar Demi Stabilitas Pemilu

Riauaktual.com - Kasat Lantas Polres Kampar AKP Viola Dwi Anggraeni langsung gerak cepat begitu mengetahui ada sebuah truk terbalik di Desa Penghidupan, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kabupaten Kampar, Riau.

Truk terbalik itu mengakibatkan kendaraan mengular hingga beberapa kilometer sehingga mengganggu mobilitas masyarakat.

Viola yang berkantor sangat jauh dari lokasi tiba di lokasi setelah mendapatkan informasi. Polisi bersama warga bahu membahu mengurai kemacetan serta mengevakuasi truk terbalik yang melintang di jalan.

Kemacetan itu terjadi di jalan lintas Kampar-Kuansing kilometer 55 itu, sosok Polwan berhijab dan berkacamata itu tampak gesit mengatur lalu lintas. 

Bahkan, tangannya begitu sigap melambai ke kiri lalu ke kanan mengarahkan setiap kendaraan agar tidak menumpuk.

Polwan cantik ini ternyata bukan polisi biasa. Selain memegang jabatan sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kampar, energinya seolah tidak ada habis-habisnya bertugas hingga malam menjelang pada Selasa itu, 9 Januari 2023.

"Dia turun begitu mendengar ada kemacetan di sini, padahal kantornya di Bangkinang, butuh beberapa jam sampai ke sini," ucap seorang warga di lokasi.

Tak hanya di kilometer tersebut, Viola bergegas pergi begitu mendengar ada kemacetan lainnya. Kali ini terjadi di kilometer 38 Desa Simalinyang, kecamatan yang sama.

Kemacetan panjang juga terjadi di lokasi. Bukan karena truk terbalik lagi melainkan buruknya kondisi jalanan. Jalan lintas itu hancur lebur karena kendaraan tonase berat ditambah genangan air sehingga aspal mudah rontok.

Viola menjelaskan, kemacetan mulai terjadi begitu waktu magrib menjelang. Selain mengatur lalu lintas, dia juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk perbaikan sementara.

Jalanan itu, tambah Viola, harus diperbaiki segera. Pasalnya saat ini mobilitas masyarakat sangat tinggi apalagi memasuki musim kampanye pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Simpatisan ataupun kontestan Pemilu 2024 mulai mempromosikan diri. Kondisi jalan buruk yang berujung kemacetan bisa mengganggu kelancaran sejumlah agenda menjelang 14 Februari nanti.

"Kami ingin menjaga situasi tetap lancar, tidak ada kendala di jalan supaya tahapan Pemilu berjalan sesuai tahapannya," jelas Viola.

Kepada sejumlah warga di lokasi, polisi juga mengajak menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat jelang Pemilu. Jangan sampai perbedaan pilihan memecah kesatuan.

"Masyarakat diharap ikut melaksanakan Pemilu damai," katanya.

Terkait kondisi jalan pada Selasa malam, Viola menyebut sudah berangsur lancar. Bhabinkamtibmas setempat bersama Turjawali masih mengatur lalu lintas di lokasi.

"Terima kasih kepada personel yang terlibat, begitu juga dengan masyarakat yang membantu," imbuh Viola.

#POLDA RIAU

index

Berita Lainnya

index