Kapolres Kampar Tangani Banjir Jelang Pemilu, Bawa Sembako dan Trauma Healing

Kapolres Kampar Tangani Banjir Jelang Pemilu, Bawa Sembako dan Trauma Healing
Kapolres Kampar Tangani Banjir Jelang Pemilu, Bawa Sembako dan Trauma Healing

Riauaktual.com - Sudah beberapa pekan Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, dilanda banjir. Luapan Sungai Kampar itu merendam ratusan rumah, fasilitas umum dan sarana prasarana lainnya.

Tak ayal Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja langsung datang ke lokasi. Ini sudah kesekian kalinya Ronald dan istrinya membawa jajaran ke lokasi memberikan bantuan kepada korban bencana banjir.

Ronald datang bersama Ketua Bhayangkari Cabang Kampar, Ayu Ronald menyerahkan bantuan berupa puluhan paket sembako. Mereka menyambangi setiap rumah warga dan berbincang tanpa khawatir pakaiannya basah.

Ronald menjelaskan, ketinggian air sudah tidak seperti beberapa pekan lalu. Sebagian warga juga mulai membersihkan rumah serta menyingkirkan sampah yang dibawa banjir.

"Ada juga sebagian rumah yang masih tergenang air," kata Ronald Minggu (15/1/2024).

Ronald juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan memberikan obat-obatan serta vitamin bagi korban banjir. Warga dilayani agar tidak terpapar penyakit selama bencana berlangsung.

Polwan dan Bhayangkari Polres Kampar juga memberikan trauma healing terhadap anak-anak terdampak banjir. Tujuannya menghilangkan rasa takut, rasa khawatir dan tetap menikmati masa kanak-kanaknya.

Bersama Kasat Lantas AKP Viola Dwi Anggraeni bernyanyi bersama anak-anak Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu.

Di sisi lain, Ronald berbincang dengan sejumlah warga. Masyarakat menceritakan kondisi keamanan di lingkungannya selama banjir yang masih aman.

"Meskipun begitu kami tetap mengingatkan terus memantau kondisi agar semakin tertib, aman dan damai menjelang Pemilu 2024," ujarnya.

Ronald tak lupa mengingatkan masyarakat agar tidak mudah terprovokasi ketika menerima berita atau informasi hoax tentang Pemilu. Warga jangan buru-buru meneruskan informasi hoax tersebut kepada orang lain.

"Pesan kami agar masyarakat Desa Buluh Cina untuk menggunakan hak suaranya pada Rabu, 14 Februari 2024 nanti dengan mendatangi TPS sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT)," imbuh Ronald.

Imbauan ini, kata Ronald, bagian dari cooling system oleh jajaran Polda Riau jelang Pemilu. Ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata untuk mewujudkan Pemilu damai meskipun berbeda pilihan.

#POLISI PEMILU

index

Berita Lainnya

index