Satpolair Dumai Patroli Laut Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu

Satpolair Dumai Patroli Laut Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu
Satpolair Dumai Patroli Laut Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu

Riauaktual.com - Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Dumai terus meningkatkan patroli keamanan di kawasan perairan Kota Dumai untuk memberikan rasa aman kepada kapal yang berlayar melintasi perairan Kota Dumai, masyarakat yang beraktivitas dikawasan perairan, nelayan yang menangkap ikan dan seluruh masyarakat diwilayah pesisir Kota Dumai, Sabtu (3/2/2024).

Kasat Polair Polres Dumai AKP Yudha Efiar, S.H mengatakan, tujuan dari patroli diwilayah perairan Kota Dumai meliputi perairan Sungai Sepit, Sungai Teluk Dalam, Sungai Tengar, Sungai Senepis, Kampung Bayang, Sungai Tianjung, Sungai Santa Hulu, Sungai Bulu Hala.

Lalu Sungai Mejid dan sekitarnya adalah untuk menghindari terjadinya tindak pidana dikawasan perairan Kota Dumai serta untuk memelihara keamanan, ketertiban dan kenyamanan di kawasan perairan agar semua aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar, aman dan tidak ada kendala gangguan Kamtibmas. 

Kegiatan patroli dilakukan dengan menggunakan sarana Kapal Polisi/KP IV- 1204 milik Satpolair Polres Dumai.

“Personel Satpolair Polres Dumai juga akan cepat tanggap dan turun langsung ke lapangan apabila menerima informasi atau pengaduan dari masyarakat terkait adanya tindakan kriminal atau laka laut di perairan Kota Dumai,” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi adanya tindak kriminal di wilayah perairan Kota Dumai, Satpolair Polres Dumai juga melakukan penghentian, pengecekan dan pemeriksaan terhadap kapal atau sampan yang dicurigai melintasi perairan wilayah hukum Polres Dumaii sebagai upaya antisipasi atau pencegahan terjadinya tindak pidana maupun pelanggaran pelayaran lainnya.

“Satpolair Polres Dumai akan menindakan tegas apabila ditemukan adanya perbuatan kriminal ataupun pelanggaran pelayaran di wilayah perairan Kota Dumai. Kami juga akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan instansi kemaritiman dalam proses penyidikan," tegas AKP Yudha Efiar, S.H.

Selain melaksanakan patroli keamanan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna fasilitas pelayaran diwilayah perairan Kota Dumai, Satpolair Polres Dumai juga melaksanakan patroli dialogis dan sambang kepada masyarakat pesisir ataupun masyarakat yang beraktifitas dikawasan perairan Kota Dumai dalam rangka Cooling System mewujudkan Pemilu Damai 2024.

Dalam kesempatan itu anggota Satpolair Polres Dumai tidak lupa untuk memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas sekaligus mengajak para perangkat Desa untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian guna untuk mengantisipasi dan mencegah segala macam bentuk gangguan Kamtibmas.

Personel Satpolair Polres Dumai tampak saling menyapa, bersilaturahmi dan bertukar informasi dengan masyarakat pesisir Kota Dumai sekaligus memberikan pesan kedamaian dan himbauan Kamtibmas dalam rangka Cooling System guna mewujudkan Pemilu Damai 2024 serta mengajak para nelayan dan masyarakat kawasan pesisir lainnya untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian guna untuk mengantisipasi dan mencegah segala macam bentuk gangguan Kamtibmas.

Dalam pertemuan informal dengan warga dikawasan pesisir Kota Dumai, personel Satpolair Polres Dumai menghimbau dan mengajak peran aktif masyarakat dalam menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) serta bersama menciptakan lingkungan yang aman, menjauhi segala bentuk provokasi, serta melaporkan setiap kejadian mencurigakan kepada pihak Kepolisian sehingga bisa diantisipasi dan ditindaklanjuti dengan cepat, tepat dan selektif untuk menghindari terjadinya gangguan Kamtibmas yang berpotensi mengganggu jalannya Pemilu 2024.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat semakin meningkatkan kepercayaan dan kedekatan masyarakat terhadap personel Polri. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Sinergi yang baik antara polisi dan masyarakat menjadi kunci utama dalam menciptakan kondisi yang aman dan kondusif,” ungkap Kasat Polair Polres Dumai.

Diharapkan AKP Efiar Yudha, S.H, menyambangi dan bersilaturahmi melalui patroli dialogis kepada warga dikawasan pesisir Kota Dumai dapat memberikan dampak positif dalam membangun kemitraan yang solid dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang baik menjelang Pemilihan Umum 2024.

"Jadilah pengguna media sosial yang bijak, jangan mudah terprovokasi dan jangan menjadi bagian dari penyebaran isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA yang berpotensi menimbulkan konflik dan perpecahan antar pendukung pasangan calon. Serta bersama berkomitmen menolak kampanye hitam, intoleransi, politik uang dan politik identitas," pungkas Kasat Polair Polres Dumai.

#POLISI PEMILU

index

Berita Lainnya

index