Menyambut Ramadhan 2024, BI Riau Pastikan Ketersediaan Uang Kartal

Menyambut Ramadhan 2024, BI Riau Pastikan Ketersediaan Uang Kartal
Ilustrasi (internet).

Riauaktual.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau (KPW BI Riau) memastikan bahwa kebutuhan uang kartal masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri Tahun 2024 akan terpenuhi baik dari segi jumlah maupun pecahan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Panji Achmad, menjelaskan bahwa selama periode tersebut, kebutuhan uang secara nasional diperkirakan akan meningkat menjadi sebesar Rp197,6 triliun, naik 4,6544 persen (yoy) dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Untuk wilayah Riau, BI telah menyiapkan kebutuhan uang sebesar Rp6,031 triliun untuk 12 Kabupaten/Kota selama bulan Ramadan dan Idulfitri tahun ini," kata Panji Achmad.

Kebutuhan tersebut mengalami kenaikan sebesar 13,846 persen (yoy) dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp5,3 triliun.

Layanan penukaran rupiah atau uang kartal oleh BI dan perbankan telah tersedia mulai 15 Maret hingga 05 April 2024. Layanan penukaran uang bersama dilaksanakan pada tanggal 25, 26, dan 27 Maret 2024, di halaman samping Kpw BI Provinsi Riau.

Serambi 2024 merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat, khususnya untuk keperluan hari besar, terutama Idulfitri 2024. Tema Serambi 2024 tahun ini adalah "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah."

"Serambi 2024 merupakan gerakan nasional yang kami dukung sepenuhnya. Sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawab Bank Indonesia, kami bertekad untuk menjamin ketersediaan Rupiah dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan kebutuhan pecahan yang pas dan layak edar, terutama untuk memenuhi kebutuhan Rupiah selama Idulfitri 2024," tambahnya.

Berita Lainnya

index