Kabar Baik dari Riau, Bayi Gajah Sumatera Lahir di Tengah Upaya Pelestarian

Kabar Baik dari Riau, Bayi Gajah Sumatera Lahir di Tengah Upaya Pelestarian
Bayi Gajah Sumatera. (foto: Wahyudi)

BENGKALIS (RA) - Seekor bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) lahir di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Sebanga, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, pada Sabtu 6 April 2024 pukul 03.03 WIB.

Plh Kepala Balai Besar KSDA Riau, Andri Hansen Siregar menyebutkan, bayi gajah sumatera tersebut lahir dari indukan bernama Puja berusia 20 tahun.

"Bayi gajah ini berjenis kelamin betina, lahir dengan berat badan 75 kg, tinggi 75 cm, lingkar dada 97 cm dan panjang 97 cm," jelas Hansen, Senin (8/4/2024).

Bayi Gajah Sumatera (Wahyudi)

Ia menyebutkan, Puja adalah gajah hasil evakuasi karena terjerat sling baja di Kabupaten Kampar pada tahun 2008. Bayi gajah yang baru lahir tersebut adalah anak pertama bagi induk gajah Puja yang merupakan hasil breeding (pengembangbiakan) dengan gajah jantan bernama Sarma berusia 25 tahun.

"Induk dan bayinya saat ini dalam kondisi sehat dan telah diperiksa serta diberi vitamin oleh dokter hewan Rini," ujarnya.

Untuk selajutnya tim dokter hewan akan terus memantau dan memeriksa kondisi induk dan bayi gajah.

Bayi Gajah Sumatera (Wahyudi)

Saat ini, jumlah gajah yang ada di PKS Sebanga yang sebelumnya sebanyak 5 ekor terdiri dari 1 jantan dan 4 betina, sekarang bertambah menjadi 6 ekor.

"Kita berharap dengan kelahiran gajah binaan BBKSDA Riau ini bisa memberikan dampak positif dalam pelestarian satwa prioritas serta menambah populasi gajah sumatera yang ada di Provinsi Riau," tandasnya.

Berita Lainnya

index