Pemdes Koto Inuman Salurkan Ribuan Bibit Kelapa Sawit Siap Tanam

Pemdes Koto Inuman Salurkan Ribuan Bibit Kelapa Sawit Siap Tanam

Riauaktual.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Koto Inuman, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi, menyalurkan bantuan berupa bibit kelapa sawit siap tanam untuk mendukung usaha perkebunan masyarakat di wilayah tersebut, Jumat (28/06/2024).

Kepala Desa Koto Inuman, Darmawan, menyatakan bahwa bantuan tersebut telah sampai ke masyarakat dengan jumlah sekitar seribu lebih bibit sawit siap tanam. Bantuan ini terealisasi sesuai dengan aspirasi yang disampaikan masyarakat setempat kepada Pemerintah Desa saat musyawarah desa (musdes) beberapa waktu lalu.

"Kami melihat potensi perkebunan kelapa sawit dapat membangkitkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, banyak warga di wilayah ini yang memilih untuk mengelola perkebunan sawit," ungkap Darmawan.

"Rata-rata setiap keluarga di sini memiliki lahan 1-2 hektare yang dikelola untuk perkebunan kelapa sawit," tambahnya.

Sektor perkebunan termasuk dalam kategori pertanian dalam arti luas, dan hal ini menjadi komitmen Pemdes Koto Inuman dalam mendukung sektor perkebunan. Masyarakat yang menerima bantuan bibit sawit merasa sangat senang karena memperoleh bibit berkualitas memerlukan biaya yang tidak sedikit.

"Dengan adanya peran Pemerintah Desa melalui program ketahanan pangan ini, masyarakat merasa terbantu, apalagi bibit kelapa sawit yang diberikan memiliki kualitas yang baik," ujar Darmawan.

Darmawan berharap melalui sektor perkebunan kelapa sawit, perekonomian masyarakat dapat meningkat sehingga tercipta masyarakat yang sejahtera. "Bantuan ini masih kurang, namun ke depan kami akan terus memaksimalkan dukungan untuk sektor perkebunan," tuturnya. Selain bantuan bibit, pemerintah desa juga rutin melakukan pembangunan jalan usaha tani untuk memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil panen.

Di tempat terpisah, Anton Kombe (30), salah satu warga Desa Koto Inuman, merasa sangat senang karena mendapatkan bantuan bibit sawit ini.

"Iya, senang sekali. Setidaknya saya merasa terbantu dalam mendapatkan bibit sawit. Inisiatif dari pemerintah desa ini harus diapresiasi oleh kami sebagai masyarakat," katanya. "Saya atas nama pribadi dan masyarakat Koto Inuman mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah desa Koto Inuman di bawah kepemimpinan Bang Darmawan." tambahnya.

"Beliau sudah menjabat selama 12 tahun, tentu beliau paham betul apa yang diinginkan masyarakatnya. Memang tidak semua keinginan masyarakat bisa dikabulkan oleh Pemdes karena ada aturan-aturan yang harus diikuti. Yang jelas, beliau sangat paham kondisi kami sebagai masyarakat. Apalagi beliau mendapat perpanjangan jabatan selama dua tahun, semoga tetap amanah," tambah Anton.

Berita Lainnya

index