Banyak Drainase Tak Tersambung, Sekdako Pekanbaru Sebut Jadi Pemicu Banjir

Banyak Drainase Tak Tersambung, Sekdako Pekanbaru Sebut Jadi Pemicu Banjir
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menginventarisir drainase disepanjang Jalan HR Soebrantas. Pasalnya, drainase di jalan tersebut banyak tak tersambung antara satu dengan lainnya.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, kondisi ini menjadi salah satu penyebab banjir di wilayah tersebut. Drainase Jalan Soebrantas merupakan kewenangan Pemprov Riau. Tapi, banjir itu yang mengalaminya warga Pekanbaru.

"Kami tak melihat itu. Yang penting, kita sama-sama membebaskan banjir ini," kata Indra Pomi Nasution, Jumat (28/6).

Ia menuturkan, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru bekerja sama menangani permasalahan banjir. Sebagaimana diketahui, kota ini tumbuh tanpa perencanaan.

"Sehingga, drainase satu tidak tersambung dengan drainase lainnya di Jalan Soebrantas. Ini tugas kami menyambungkan drainase tersebut," terang Indra Pomi.

Drainase yang patah juga diinventarisir. Jika seluruh drainase telah dibenahi, maka dikatakan Indra, banjir yang terjadi akan sangat jauh berkurang.

Ia menambahkan, bahwa dinas terkait yakni PUPR Pekanbaru terus melakukan normalisasi drainase dan anak sungai. Hal ini guna memperlancar saluran air, dan tidak terjadi penyumbatan saat hujan deras turun.

"Kami juga mengajak masyarakat kota untuk tidak membuang sampah ke dalam drainase. Karena di beberapa drainase jalan banyak ditemukan sampah yang menyumbat," pungkasnya.

Berita Lainnya

index