Disdik Pekanbaru Buka Peluang Terima Siswa Tempatan yang Tak Lulus PPDB SMP Negeri

Disdik Pekanbaru Buka Peluang Terima Siswa Tempatan yang Tak Lulus PPDB SMP Negeri
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal

Riauaktual.com - Hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP negeri di Kota Pekanbaru diumumkan, Selasa (2/7). Total, 9.005 tamatan SD Pekanbaru lulus dalam seleksi PPDB di 51 SMP negeri dan 4 SMP swasta.

Bagi siswa tempatan yang tidak lulus PPDB, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru membuka peluang bagi mereka diterima sekolah di SMP negeri. Namun, peluang itu ada jika terdapat kuota lebih di sekolah terdekat.

Hasil seleksi PPDB di 55 SMP itu telah diumumkan Disdik melalui laman ppdbpekanbaru.id atau https://ppdbpekanbaru.id. Bagi peserta didik yang lulus selanjutnya mereka mesti melakukan pendaftaran ulang di sekolah tujuan.

"Pendaftaran ulang sudah dimulai hari ini sampai 4 Juli nanti. Apabila tidak mendaftar ulang pada tanggal yang telah ditetapkan dinyatakan gugur haknya sebagai calon peserta didik baru SMP negeri tahun ajaran 2024/2025," kata Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal.

Jamal menuturkan, apabila ada kekurangan peserta didik di sejumlah SMP negeri akan coba dipenuhi usai pendaftaran ulang.

"Sekarang pendaftaran ulang dulu lah, nanti kita lihat kalau memang ada sekolah yang kuotanya masih kosong, kita coba akomodir (calon peserta didik) tempatan yang bermasalah dengan administrasi seperti KK yang belum sampai 1 tahun. Itu yang akan kita prioritaskan," jelasnya.

Jika memang tidak ada tambahan peserta didik, maka proses belajar mengajar di SMP yang minim peserta didik akan tetap dilanjutkan untuk tahun ajaran 2024/2025.

"Jadi kalau ada yang mau (mengisi kuota kosong), kita prioritaskan (tempatan). Tapi kalau tidak, segitu saja, tidak masalah," pungkasnya.

Berita Lainnya

index