Pemko Pekanbaru Bakal Gelar Imunisasi Polio Gratis

Pemko Pekanbaru Bakal Gelar Imunisasi Polio Gratis
Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bakal menggelar kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Polio yang berlangsung pada akhir bulan ini. Kegiatan ini digelar dalam penanggulangan kasus polio di Kota Pekanbaru. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pemerintah kota dalam persiapan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Polio yang bakal digelar pada 23 Juli 2024 mendatang. 

Kegiatan imunisasi ini terbagi dua gelombang. Gelombang pertama pada akhir Juli ini dan gelombang kedua pada 6 hingga 12 Agustus 2024.

"Kita diminta untuk mendukung semua program pemerintah pusat, terutama penanggulangan TBC dan Polio. Karena memang ini berkaitan dengan kesehatan masyarakat, kualitas sumber daya manusia," kata Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (9/7). 

Dinas Kesehatan Pekanbaru akan melakukan pemberian vaksin polio guna mencegah penyakit tersebut. Masyarakat bisa mendapatkan imunisasi secara gratis. 

Ditambahkan Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Fira Septiyanti bahwa polio merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Adanya imunisasi ini sebagai upaya mencegah polio menyerang anak-anak.

Ia menjelaskan bahwa penyakit ini berbahaya karena bisa membuat anak lumpuh seumur hidup Oleh sebab itu, pemerintah kota pun menggelar imunisasi polio ini secara serentak di Kota Pekanbaru.

"Walau polio tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah dengan cara mendapat imunisasi ini," terangnya.

Fira menambahkan bahwa pemberian imunisasi ini menyasar anak-anak. Ia menyebut yang menjadi sasaran dalam program imunisasi tersebut yakni usia nol hingga usia tujuh tahun sebelas bulan.

Nantinya warga tidak hanya bisa mendapatkan imunisasi ini di Posyandu, Puskemas dan rumah sakit. Tim nantinya bakal mendatangi sekolah serta pos pelayanan  imunisasi terdekat.

Berita Lainnya

index