PT Pertamina Hulu Rokan Raih Tiga Sertifikat ISO Sekaligus

PT Pertamina Hulu Rokan Raih Tiga Sertifikat ISO Sekaligus
PT Pertamina Hulu Rokan Raih Tiga Sertifikat ISO Sekaligus

Riauaktual.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mencatat pencapaian gemilang dengan meraih tiga sertifikat ISO (International Organization for Standardization) secara bersamaan dalam bidang manajemen mutu, lingkungan, dan keselamatan kerja. PT Sucofindo, lembaga sertifikasi terkemuka di Indonesia, menyerahkan sertifikat ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, dan ISO 45001:2018 kepada Direktur Utama PHR, Ruby Mulyawan, di Jakarta, Selasa (9/7/2024) lalu.

Dalam acara yang turut disaksikan oleh Komisaris PT PHR, Susilo Widhyantoro, serta jajaran manajemen PHR, ketiga sertifikat ini menegaskan komitmen PHR dalam menjaga standar tinggi dalam operasi hulu migas di Wilayah Kerja (WK) Rokan. Integrasi ketiga sistem manajemen ini menjadi fokus utama Gugus Tugas ISO Sistem Manajemen Terintegrasi (SMT), yang merupakan bagian integral dari upaya PHR dalam menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).

Pencapaian ini tidak hanya memberikan pengakuan internasional kepada PHR, tetapi juga memantapkan pondasi Perusahaan pada berbagai aspek Management Control seperti GCG dan penilaian Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER KLHK).

“Terima kasih saya ucapkan atas kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam pencapaian ini. Semoga sertifikasi ini semakin memacu kebanggaan seluruh pekerja untuk terus berkomitmen memenuhi target produksi migas sesuai target, bermutu, ramah lingkungan, dan beroperasi dengan selamat,” ujar Ruby Mulyawan, Kamis (11/7/2024).

Manajemen PHR dan Sucofindo, berfoto bersama dengan tiga sertifikat ISO serta sertifikat ISO Sistem Manajemen Terintegrasi.

Direktur Layanan Sumber Daya Alam PT Sucofindo, Darwin Abas, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PHR telah berkomitmen menerapkan ISO SMT dalam rangka memenuhi kebutuhan bahkan melampaui harapan pemegang saham, “Kami yakin perbaikan akan senantiasa dilakukan, perubahan akan terus diupayakan, dan peningkatan akan terus berkelanjutan dalam berbagai lini pekerjaan. Suatu kebanggaan bagi Sucofindo untuk dipercaya mengawal sertifikasi ISO SMT ini,” tuturnya.

Sertifikat ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu menegaskan komitmen PHR WK Rokan dalam menghadirkan produk dan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan. Sertifikat ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan mengesahkan komitmen PHR WK Rokan dalam meminimalisir dampak operasi terhadap lingkungan dan meningkatkan kinerja lingkungan secara berkelanjutan. Sementara itu, sertifikat ISO 45001:2018 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja membuktikan dedikasi PHR WK Rokan dalam menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi seluruh karyawan dan kontraktor.

Tentang PHR WK Rokan:

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018. Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. 

Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar, dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041. Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km² berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). 

WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, dan lingkungan.

Berita Lainnya

index