Ternyata Hanya Dua BUMD yang Berkontribusi

Ternyata Hanya Dua BUMD yang Berkontribusi
bumd

PEKANBARU (RA) - Dari sejumlah penyertaan modal Pemko Pekanbaru ke BUMD yang berada dibawah Pemko Pekanbaru sendiri dan BUMD milik Pemerintah provinsi Riau, ternyata hanya dua BUMD yang mampu memberikan konstribusi. Masing-masing PT Bumi Siak Pusako (BSP) dan Bank Riau Kepri (BRK).

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan kepada wartawan Selasa (21/6), menyebutkan bahwa, sejauh ini untuk BUMD milik Pemko Pekanbaru belum satupun yang dapat memberikan konstribusi untuk daerah. Diantaranya PD Pembagunan, BPR dan PDAM Tirta Siak.

"Sampai saat ini untuk BUMD milik Pemko Pekanbaru belum ada yang mampu memberikan kontribusinya ke kas daerah atau masih nihil,"kata Alek.

Selanjutnya, Alek menmgatakan kontribusi dari PT BSP menurut Alek sudah melebihi penyertaan modal yang ditanamkan Pemko Pekanbaru.

"Kita di BSP penyertaan modal hanya 2,5 M namun yang kita peroleh sudah lebih dari itu. Istilahnya kita sudah jauh untung dari modal yang ditanamkan,"ujar Alek.

Menjawab wartawan mengenai kemungkinan akan adanya penambahan penyertaan modal untuk BUMD ditahun 2017 nanti, Alek mengatakan masih belum bisa dipastikan. Sebab prioritas Pemko Pekanbaru lebih untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Semisal pendidikan, kesehatan dan infrastuktur. Apalagi dalam situasi keuangan Pemko Pekanbaru yang masih belum stabil.

"Kalau untuk penambahan penyertaan modal itu kita sifatnya ketika dana kita berlebih dan semua keperluan mendesak sudah terpenuhi, baru itu bisa kita tambah. Kalau untuk sekarang di perubahan dan tahun depan belum bisa," tutup Alek. (YAN)
 

Berita Lainnya

index