H-13 Idul Fitri, Aktivitas Terminal Sepi

H-13 Idul Fitri, Aktivitas Terminal Sepi
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Rabu 22 Juni 2016, H-13 menjelang Hari Raya Idhul Fitri, aktivitas Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Kota Pekanbaru masih sepi dari penumpang.
 
Kepala Terminal BRPS Pekanbaru, Bambang Armanto, membenarkan bahwa sampai saat ini belum ada aktivitas atau lonjakan penumpang. Untuk arus mudik sampai saat ini masih normal seperti biasa.

"Memang H-13 belum ada arus mudik. Lonjakan penumpang itu biasa mulai dari H-5 hingga H-3 Lebaran Idhul Fitri,"ungkapnya.
 
Menurut Bambang, jika dibandingkan sebelumnya. Tahun ini cendrung menurun arus mudiknya. Hal ini disebabkan beberapa faktor. Dimana  saat ini musim jadwal pendaftaran sekolah. Sehingga orangtua memilih untuk tidak terlalu membelanjakan uang yang ada dengan bepergian. Sebab mereka mesti memprioritaskan kebutuhan anak masuk sekolah Disamping itu, saat ini juga banyaknya keluarga yang memiliki kendaraan sendiri sehingga menyebabkan Angka penumpang di terminal turun.

"Kemudian angkutan pribadi cukup banyak. Yang membuat penumpang Menggunakan transportasi umum berkurang," sebutnya.

Lalu  harga tiket pesawat yang relatif masih murah, menyebabkan ada migrasi penumpang dari yang sebelumnya memakai angkutan darat, saat ini sudah memilih udara untuk alternatif pilihan mudik. Seperti rute Pekanbaru ke Medan yang harga tiket bus dan pesawat selisihnya hanya sekitar Rp 100 ribu.

"Tetapi kalau pakai pesawat ke Medan tidak perlu lama dan tidak sampai satu jam. Kalau pakai bus bisa delapan jam. Makanya tidak dipungkiri ada yang beralih naik pesawat,"tutupnya.

Selain itu saat ini pihaknya tengah memfokuskan sosialisasi dan penertiban agar setiap Bus AKAP, AKDP, AJAP, AJDP wajib masuk terminal. Sebab masih banyak Perusahaan Oto (PO) membandel yang armadanya tidak masuk ke terminal. (YAN)

Berita Lainnya

index