Rupiah Kembali Bergerak di Level Rp 13.000-an per USD

Rupiah Kembali Bergerak di Level Rp 13.000-an per USD
rupiah.
NASIONAL (RA) - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) dibuka melemah pada perdagangan Kamis (13/10). Rupiah dibuka di level Rp 13.032 per USD atau melemah tipis dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.018 per USD.
 
Mengutip data Bloomberg, Rupiah masih bergerak fluktuatif pagi ini menyentuh level Rp 12.988 per USD atau nyaris menyentuh Rp 13.000-an per USD.
 
Beberapa hari lalu, Rupiah tercatat terus menguat dan meninggalkan level Rp 13.000 per USD. Direktur Eksekutif Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati mengatakan, salah satu faktor atau sentimen positif pergerakan Rupiah adalah banyaknya dana asing masuk ke Indonesia. Dana ini masuk melalui Tax Amnesty maupun investasi.
 
"Ada capital inflow (aliran dana masuk) salah satunya dari Tax Amnesty dan angka Foreign Direct Investment juga naik," ucap Enny saat dihubungi merdeka.com di Jakarta.
 
Menurut Enny, jumlah valuta asing dalam negeri saat ini meningkat sehingga Rupiah menguat karena tingginya suplai. "Rupiah itu kan demand dan suplai juga."
 
Enny berharap, pemerintah bisa menjaga momentum penguatan Rupiah dengan menahan dana yang masuk ke dalam negeri. Jangan sampai dana tersebut kabur dan membuat nilai tukar Rupiah kembali melemah.
 
"Ini momentum penguatan, pemerintah harus menjaga ini agar penguatan tadi tidak sementara. Pemerintah harus menjaga agar dana yang masuk tadi jangan spekulatif atau gampang keluar," tutupnya. (merdeka.com)

Berita Lainnya

index