Warga Perbaiki Jembatan Kalber Secara Swadaya

Warga Perbaiki Jembatan Kalber Secara Swadaya
Pemuda Karang Taruna Desa Lubuk Bendahara Timur melaksanakan perbaikan Jembatan Kalber dengan mengunakan dana swadaya masyarakat

ROKAN IV KOTO (RA) - Pemuda Karang Taruna Desa Lubuk Bendahara Timur, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan perbaikan Jembatan Kalber dengan mengunakan dana swadaya masyarakat. Hal ini dilakukan, karena minimnya perhatian dari pemerintah.

Jembatan itu merupakan akses penghubung Desa Lubuk Bendahara Timur dengan Desa Lubuk Bendahara. Terakhir dilakukan perbaikan oleh Pemerintah Desa pada tahun 2014 lalu, sekarang sudah banyak ditemukan kayu yang sudah lapuk pada lantai dan rel jembatan.

Pengurus Pemuda Karang Taruna Desa Lubuk Bendahara Timur, Ilma Ferdinan memaparkan, Jembatan Kalber tersebut merupakan akses keluar masuk warga, baik dari Desa Lubuk Bendahara, Lubuk Bendahara Timur bahkan dari Desa Pemandang dan Tanjung Medan.

"Jembatan ini juga yang dilalui masyarakat untuk mengangkut TBS Sawit ke PKS," jelas Ilma kepada wartawan, Kamis (17/11).

Lanjutnya, karena sudah banyak ditemukan kayu lantai dan rel jembatan yang lapuk, Karang Taruna Desa Lubuk Bendahara Timur memperbaikinya menggunakan dana swadaya masyarakat.

"Terakhir jembatan ini diperbaiki tahun 2014 lalu menggunakan ADD Lubuk Bendahara Timur. Namun, kondisinya saat ini kayu sudah banyak lapuk," ujarnya.

Pemuda Karang Taruna, sambung Ilma sudah tiga hari melaksanakan perbaikan jembatan tersebut. Untuk perbaikan, katanya lagi kayu yang diperlukan sebanyak 6 kubik.

"Perbaikan jembatan menggunakan dana swadaya masyarakat, dan ini rutin dilaksanakan sekali dalam dua tahun. Karena jika dibiarkan, kami kuatir akan memakan korban jiwa," tukasnya.

Dirinya berharap kepada pemerintah dan pihak swasta agar memperhatikan perbaikan jembatan Kalber tersebut. Karena menurutnya, akses jembatan itu merupakan salah satu urat nadi perekonomian masyarakat. (Lim)

Berita Lainnya

index