Zakat Mal Kota Pekanbaru 2013 Ditargetkan Rp4 M

Zakat Mal Kota Pekanbaru 2013 Ditargetkan Rp4 M
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Niat para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk peduli kepada masyarakt yang kurang mampu tahun depan akan semakin ditingkatkan. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT menargetkan akan mengumpulkan zakat mal Rp4 miliar sebagai target tahun 2013 mendatang.

Zakat mal ini diupayakan didapat dari seluruh pegawai lingkungan satuan kerja maupun sekretariat Pemko yang sudah memiliki pendapatan di atas Rp4 Juta perbulan. "Sejak dicanangkannya zakat Mal di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2012 ini Pemerintah Kota menargetkan jumlah zakat mal terus meningkat," kata Firdaus, Jum'at (28/12/2012).

Ditambahkan Firdaus lagi, zakat adalah upaya untuk membersihkan harta. Jika di negara ada pajak, maka di agama ada zakat. Bahkan Firdaus meminta mulai tahun 2013 slip gaji pegawai akan dilampirkan ampra zakat, sehingga bagi yang berpenghasilan diatas Rp4 juta akan dikenai zakat 2,5 persen.

"Upaya ini dilakukan dengan cara membuat ampra zakat mal pada daftar gaji karyawan di lingkungan Pemko. Sebagai pemimpin saya berhak untuk mengingatkan ini. sebelumnya menjelang akhir tahun kita sudah menyerahkan zakat mal kepada badan Amil Zakat (Baz) Kota Pekanbaru Rp1 Miliar. Dana ini akan digunakan bagi kepentingan orang yang kurang mampu baik untuk biaya pendidikan, biaya hidup, modal usaha dan sebagainya sesuai dengan aturan BAZ," pungkasnya. (RA5)

Berita Lainnya

index