90 Unit Bus Trans Metro Pekanbaru Dikelola PD Pembangunan

90 Unit Bus Trans Metro Pekanbaru Dikelola PD Pembangunan
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Mulai tahun 2013 ini, Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Pekanbaru akan dipercaya mengelola 90 bus Sistem Angkutan Umum Masal (SAUM) Trans Metro. Selama ini PD baru mengelola 20 Bus Saum, maka kedepan akan ada tambahan 70 bus Saum lagi yang akan dikelola PD Pembangunan. Demikian dikatakan Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT kemarin.

"Angkutan umum di Pekanbaru sejak 2008 belum mendapat peremajaan. Padahal melihat jumlah penduduk Kota Pekanbaru yang mencapai 1 Juta jiwa, dengan jumlah angkutan hanya 20 unit saja tidak seimbang. Tahun 2008 di Sumatera Pekanbaru sebagai pilot projek Trans Metro, tetapi kini kita jauh ketinggalan dari Palembang dan Jambi," ujar Wako.

Ditambahkan Firdaus, Pemko akan membenahi Saum dan koridor trans metro di tahun 2013, dengan menambah 70 bus dan menambah 1 koridor lagi. "Kita sudah punya 6 koridor, di Rumbai akan kita tambah satu lagi untuk rute Pekanbaru-Rumbai melintasi Jembatan Siak III," urainya.

Adapun luasan lintasan bus, Pemko akan membagi dua tipe bus besar dan sedang. Kalau 90 bus Saum sudah beroperasi, maka oplet tidak lagi boleh melintasi jalur utama di pusat kota. Keberadaan oplet akan dipindahkan lajurnya sebagai pider di pinggiran dan perumahan. (RA5)

Berita Lainnya

index