Cegah Sampah di Jalan Kubang Raya, Masyarakat Bangun Kedai Kayu

Cegah Sampah di Jalan Kubang Raya, Masyarakat Bangun Kedai Kayu
Sampah di Jalan Kubang Raya. int

PEKANBARU (RA) - Kebiasaan buruk warga yang membuang sampah di sepanjang Jalan Kubang Raya, khususnya di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru saat ini sudah mulai berkurang. Hal ini disebabkan karena bekas tempat pembuangan sampah tersebut telah didirkan warung yang menjual beraneka ragam keperluan rumah tangga hingga warung kopi dan lontong untuk sarapan.

Menurut  Bahtiar (45) warga tempatan mengatakan, selama ini ruas badan jalan dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga dengan melemparkannya dari atas sepeda motor ataupun kendaraan roda empat. Hal tersebut sering dilakukan pada pagi hari dan malam hari.

"Pihak kelurahan sudah beberapa kali membersihkan  tempat sampah tersebut, bahkan memasang tanda larangan membuang sampah, namun ruas badan jalan tersebut tetap dimanfaatkan warga sebagai tempat pembuangan sampah, dari pada dijadikan tempat pembuangan sampah, maka masyarakat mendirikan kedai di sini," ungkapnya.


Upik (42) salah seorang warga yang mendirikan warung di ruas badan Jalan Kubang Raya tersebut mengatakan bahwa dia memanfaatkan ruas badan jalan yang masih tanah tersebut karena ruas badan jalan selama ini dijadikan tempat pembuangan sampah, bersama rekan lainnya mereka mendirikan warung sebagai tempat untuk mencari nafkah sekaligus sebagai usaha untuk mencegah orang membuang sampah di jalan.

“Keberadaan warung di pinggir jalan ini banyak manfaatnya karena dapat mencegah orang berbuat kejahatan karena jalan ini tidak sepi lagi, juga dapat mencegah orang membuang sampah sembarangan, dan juga dapat membantu menambah ekonomi keluarga,” ujarnya.

Laporan: N Rivaldo
Editor: Riki

Berita Lainnya

index