Sempena Hari Kesehatan Nasional, Bupati Meranti Ajak Masyarakat Jalankan Prilaku Hidup Sehat

Sempena Hari Kesehatan Nasional, Bupati Meranti Ajak Masyarakat Jalankan Prilaku Hidup Sehat

Riauaktual.com - Sempena memperingati Kesehatan Nasional yang Ke-53 Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat, namun tanpa adanya kesadaran dari masyarakat semua itu tidak akan tercapai, untuk itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang didampingi Wakil Bupati H. Said Hasyim mengajak masyarakat untuk menjalankan prilaku hidup sehat atau yang dikenal dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Meningkatkan kesehatan masyarakat harus dimulai dari diri sendiri, dengan tidak mengkonsumsi narkoba, minum minuman ber alkohol, selalu makan makanan yang sehat, sehingga kedepan masyarakat Meranti semakin sehat dan daerah semakin maju," ujar Bupati dalam pidatonya dikegiatan Senam Sehat bersama masyarakat di Taman Cik Puan, Selatpanjang (11/11).

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Sekda Meranti Yulian Norwis SE MM, Wakapolres Meranti, Dandim Bengkalis Mayor Hasan Basri, Kepala Dinas Kesehatan dr. Irwan Suwandi, Ketua PKK Meranti Hj. Nirwana Irwan, Ketua BKMT Hj. Syamsidar Said Hasyim, Anggota DPRD Edi Masyudi, Zubiarsyah.

Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat Bupati meminta kepada seluruh Kepala OPD dan Jajaran untuk mengintruksikan kepada jajarannya untuk berpartisipasi aktif membudayakan hidup sehat terutama kepada bapak bapak. Hal itu dinilai penting karena kaum lelaki merupakan tulang punggung dalam keluarga yang jika kesehatannya terganggu akan berpengaruh besar pada kehidupan dan ekonomi keluarga.

"Saya minta kepada Kepala OPD dan jajaran untuk berpartisipasi aktif mensosialisasikan prilaku hidup sehat secara masiv dari kota hingga kedesa sehingga kwalitas kesehatan masyarakat Meranti dapat meningkat," jelas Bupati.

Kepada Kades dan Camat yang merupakan garda terdepan pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat juga diminta untuk mensosialisasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

"Camat serta Kades harus dapat juga memberikan pemahaman dan mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya kesehatan dan menjaga kesehatan sehingga apa yang ingin dicapai 'Sehat Keluarga Ku Sehat Indonesia Ku' dapat terwujud," ucap Bupati lagi.

Dalam kegiatan Senam Sehat Berhadiah yang diikuti oleh ratusan masyarakat yang ditaja oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti itu, Bupati Drs. H. Irwan M.Si dan Wakil Bupati H. Said Hayim beserta istri dan Forkopimda juga mencanangkan gerakan Germas. Pencanangan Gerakan Germas ditandai dengan pemotongan nasi kuning (tumpeng) yang dilakukan oleh Ketua PKK Kabupaten Meranti Hj. Nirwana Irwan dan Ketua BKMT Hj. Syamsidar Said Hasyim.

Selanjutnya pelepasan balon keudara yang dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti bersama Forkopimda.

Dalam rangka mendorong prilaku hidup sehat juga dilakukan komitmen bersama melalui pembubuhan tanda tangan tanda menolak penyalahgunaan obat dan peredaran obat ilegal yang dimulai oleh Bupati Drs. H. Irwan M.Si diikuti Wakil Bupati, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Forkopimda, Pejabat Eselon II, Tokoh Masyarakat dan lainnya.

Terakhir pemberian penghargaan kepada pensiunan pegawai Dinas Kesehatan yang dinilai berjasa dalam meningkatkan kwalitas dan kesehatan maayarakat Meranti selama mereka bertugas. Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Drs. H. Irwan M.Si. (ADVETORIAL)

Berita Lainnya

index