Sebelum Pulang ke Jakarta, Pj Gubri Pamit ke Rusli

Sebelum Pulang ke Jakarta, Pj Gubri Pamit ke Rusli
Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal. FOTO: net

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dengan dilantiknya Gubernur/Wakil Gubernur Riau Annas Maamun-Andi Rachman besok Rabu, maka Penjabat Gubernur Riau yang telah memimpin sementara Provinsi Riau selama kurang lebih tiga bulan, akan kembali ke Jakarta untuk fokus di jabatan sebagai Drjen Otda Kemdragi.

Prof Dr Djohermansyah Djohan MA yang lahir di Padang, Sumatera Barat 21 Desember 1954 silam ini, mengaku sebelum kembali ke Jakarta ingin pamit terlebih dahulu kepada mantan Gubernur Riau Rusli Zainal.

"Iya silaturahmi ke pak RZ, bahwa tugas sudah siap, kita diskusi kedepan membuat kebijakan otonomi daerah yang melindungi kepala daerah agar kepala daerah tak masuk penjara melulu," ungkap Djoherman, Selasa (18/22014).

Pakar otonomi daerah Indonesia yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemdagri) sejak tahun 2010 ini juga mengatakan, bahwa selama tiga bulan di Riau dirinya banyak memperoleh masukan.

"Keputusan pusat jangan seragam, ada diskresi namanya, sesuaikan dengan daerah, ini pelajaran selama 3 bulan ini. Kita tak boleh terlalu kaku dalam aturan," tuturnya.

Menurutnya, dalam menjalankan aturan memang boleh simestris, tapi buka juga ruang ansimestris. "Seperti pengolahan hutan, kasus 5 desa, itu yang saya pelajari, agar otonominya bisa tercapai. Saya akan tetap pantau Riau jaga terus karena sudah ada kedekatan emosional nih," pungkasnya. (rrm)

Berita Lainnya

index