Fakta yang Harus Diketahui Dari Kata ‘Setan Dibelenggu Saat Bulan Ramadhan’!

Fakta yang Harus Diketahui Dari Kata ‘Setan Dibelenggu Saat Bulan Ramadhan’!

Riauaktual.com - Ketika bulan ramadhan tiba kalian semua pernah mendengar tidak jika di bulan suci ini semua ‘setan dibelenggu’? Jika pernah kalian tahu tidak fakta sebenarnya?

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Ketika masuk bulan Ramadhan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup” (HR Bukhari dan Muslim).

Memang begitulah keutamaan bulan Ramadhan di mana setan-setan akan dibelenggu, pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup.

Tetapi itu adalah penjelasan hakiki-nya, namun jika dipahami secara majazi, makna sebenarnya tidak demikian loh tipstrenners.

Yang harus kalian ketahui nih tipstrenners, setan dibelenggu di bulan Ramadhan bukan berarti setan tidak akan menggoda manusia untuk melakukan perbuatan dosa.

Buktinya saat puasa pun masih banyak yang tidak sholat dan batal puasa lantaran tidak kuat menahan lapar dan akhirnya pergi mencari makan.

Secara majazi, setan dibelenggu berarti umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa diberikan kemampuan lebih oleh Allah untuk tidak menuruti bisikan-bisikan setan.

Lantas bagaimana dengan adanya kata pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup?

Jadi pintu surga dibuka karena di bulan puasa amal soleh akan dilipat gandakan pahalanya sehingga kesempatan masuk surga jadi lebih besar.

Sedangkan pintu neraka ditutup berarti di bulan puasa kesempatan kita untuk melakukan perbuatan dosa lebih kecil dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.

Gimana tipstrenners sekarang kalian semua sudah tahukan makna kata ‘setan dibelenggu saat bulan Ramadhan’ ? Jangan salah pengartian lagi ya.

 

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

Berita Lainnya

index