Pasar Induk Pekanbaru Tak Kunjung Selesai, DPRD Minta Pemko Beri Peringatan Keras Pengembang

Pasar Induk Pekanbaru Tak Kunjung Selesai, DPRD Minta Pemko Beri Peringatan Keras Pengembang
Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Pasla

Riauaktual.com - Pembangunan pasar induk Kota Pekanbaru di Jalan Soekarno Hatta sampai kini tak kunjung selesai. Hal tersebut menjadi perhatian DPRD Kota Pekanbaru.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Pasla menuturkan, pasar induk sudah mulai mangkrak sejak akhir tahun 2020 lalu. Pengembang, yakni PT Agung Rafa Bonai mempunyai hak sebagai pengembang dan ada kontrak kerjasama sistem BOT dengan Pemko Pekanbaru. 

Ia menyebut, seharusnya akhir 2019 pembangunan pasar itu sudah selesai dan harus beroperasi. Ia menegaskan, Pemko harusnya memberikan peringatan keras terhadap pengembang yang tidak mampu menyelesaikan pekerjaan.

"Pemko harusnya sudah memberikan peringatan atau sudah sepantasnya memberikan pinalti ke PT Agung Rafa Bonai," Sebut Roni, Senin (4/10/2021).

Persoalan aset, lanjutnya, lantaran sudah ada bangunan, harusnya sudah bisa dihitung berapa nilai aset yang sudah tertanam oleh PT Agung Rafa Bonai. Ia menegaskan, Pemko harusnya bisa mencari rekanan lain yang bisa bekerja menyelesaikan proyek tersebut.

"Mengenai aset yang sekarang sudah berdiri di sana tentunya sudah bisa dihitung dengan tim appraisal independen, untuk mengetahui sudah sebesar apa nilainya. Dan selanjutnya Pemko diharapkan dapat mencari rekanan lain untuk dapat meneruskan kerjasama ini," jelasnya.

Ia menekankan, pembangunan pasar induk harus segera rampung. Sebab, sangat dibutuhkan Kota Pekanbaru lantaran selama ini belum memiliki pasar induk. Apalagi keberadaan pasar induk juga bisa menambahkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Pasar induk ini sangat dibutuhkan oleh Pekanbaru yang selama ini belum mempunyai pasar induk. Dan selain itu juga dapat meningkatkan PAD Kota Pekanbaru," pungkas Politisi PAN ini.
 

Berita Lainnya

index