Ini Lima Hal yang Perlu Diterapkan untuk Mencegah Terjadinya Katarak

Ini Lima Hal yang Perlu Diterapkan untuk Mencegah Terjadinya Katarak
Ilustrasi katarak. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Tyler Olson

Riauaktual.com - Kesehatan mata kadang kali menjadi suatu hal yang terlupakan pada kehidupan sehari-hari. Kerap kali hl ini sangat terlambat disadari hingga kondisi kesehatan mata benar-benar parah.

Salah satu masalah kesehatan mata yang kerap dialami oleh banyak orang adalah katarak. Masalah ini lebih rentan dialami oleh mereka terutama yang berusia tua.

Hingga saat ini, tidak ditemui cara untuk memperlambat perkembangan katarak secara khusus. Walau begitu mencegah kesehatan mata secara keseluruhan bisa membantu menekan risiko meningkatnya masalah ini.

Beberapa cara menjaga mata secara umum bisa kamu coba lakukan. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut sejumlah cara untuk mencegah atau memperlambat munculnya katarak.

Memeriksa Mata secara Teratur

Pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap awal. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan mata.

Mengurangi Konsumsi Alkohol

Salah satu minuman yang bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan adalah alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak.

Memakai Kacamata Hitam

Sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan risiko katarak. Pakailah kacamata hitam saat Anda berada di bawah terik matahari untuk menghalangi paparan sinar ultraviolet B (UVB) pada mata.

Mengontrol Berat Badan

Jika saat ini Anda memiliki berat badan yang sehat, pertahankan itu dengan berolahraga. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, usahakan untuk menurunkan berat badan secara perlahan dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik setiap hari.

Makan Buah dan Sayur

Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu harian Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh. Buah dan sayuran memiliki banyak antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Lima hal tersebut bisa sangat membantu dalam mencegah atau memperlambat terjadinya katarak. Menerapkan berbagai gaya hidup sehat ini juga bisa membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Berita Lainnya

index