Kritik Pengaspalan Jalan Sudirman, Ruslan Tarigan Minta Prioritas Perbaikan Jalan Pekanbaru Dirombak

Kritik Pengaspalan Jalan Sudirman, Ruslan Tarigan Minta Prioritas Perbaikan Jalan Pekanbaru Dirombak
Anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi PDI Perjuangan, Ruslan Tarigan

Riauaktual.com - Anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi PDI Perjuangan, Ruslan Tarigan, menyampaikan keheranannya terhadap keputusan Pemprov Riau yang terus melapisi aspal di Jalan Sudirman Pekanbaru, meski kondisinya masih tergolong baik dan layak dilalui.

“Saya melihat kondisi Jalan Sudirman masih sangat baik, tapi entah mengapa mereka memilih untuk melapisi aspal di sana lagi. Ini cukup membingungkan. Jalan yang kondisinya sudah bagus malah diperbaiki, sementara jalan yang rusak malah dibiarkan. Meski ini menggunakan dana APBN, seharusnya bisa ada koordinasi untuk mengalokasikan dana tersebut ke jalan-jalan yang memang benar-benar membutuhkan perbaikan,” ujar Ruslan pada Senin (30/10/2023).

Ruslan menekankan pentingnya Pemprov Riau untuk lebih memprioritaskan perbaikan infrastruktur jalan di area yang memang memerlukannya, terutama di beberapa titik yang masih banyak mengalami kerusakan dan berlubang di Kota Pekanbaru, yang notabene merupakan pintu masuk utama Ibukota Provinsi Riau.

“Saya tidak mengerti, kenapa harus memperbaiki jalan yang kondisinya masih baik? Sementara banyak jalan lain yang rusak dan berlubang di sini. Pemprov Riau harus lebih proaktif dan responsif dalam menangani masalah ini. Pekanbaru adalah wajah dari Provinsi Riau, jadi kondisi infrastruktur jalan di sini harus menjadi prioritas,” tegasnya.

Menjelang Pemilihan Legislatif 2024, Ruslan, yang juga akan bertarung di DPRD Provinsi Riau, menyarankan agar anggaran perbaikan jalan yang sudah dialokasikan dalam APBN dapat dialihkan ke jalan-jalan yang memang lebih memerlukan perhatian, seperti Jalan Dharma Bakti, Jalan Cipta Karya, dan Jalan Taman Karya.

“Anggarannya seharusnya bisa dialihkan ke jalan-jalan yang memang butuh perbaikan. Ini yang namanya tepat sasaran. Bukan malah mengaspal jalan yang kondisinya masih baik sampai 10 kali lapis. Harusnya ada evaluasi dan pengawasan lebih ketat terhadap penggunaan anggaran ini,” ucapnya.

Ruslan juga mendorong Pemko Pekanbaru untuk terus membangun sinergi dengan Pemprov Riau dan Kementerian PUPR demi mempercepat proses perbaikan jalan yang rusak dan berlubang di Kota Pekanbaru.

“Saya berharap ada kerjasama yang lebih erat antara Kementerian PUPR, Pemprov Riau, dan Pemko Pekanbaru. Seperti yang telah disampaikan oleh Presiden, kita harus meninggalkan ego sektoral dan bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam hal perbaikan infrastruktur jalan,” pungkas Ruslan.

Berita Lainnya

index